Yuk Intip Kuliner Indonesia Yang Pernah Obama Cicipi Saat Berkunjung ke Indonesia

Indonesia memiliki beragam jenis makanan yang khas. Berbagai daerahnya terdapat makanan khasnya masing-masing dan memiliki rasa yang begitu menggoda hingga orang-orang luar negeri menyukainya, termasuk presiden ke 44 Amerika Serikat Barack Obama pun menyukainya.

Pada tanggal 23 Juni 2017 lalu, presiden AS Barack Obama berlibur ke Indonesia bersama dengan keluarganya. Selain nostalgia, beliau juga mencoba kuliner khas Indonesia. Begitu banyak makanan khas yang dapat mengenang masa kecil beliau di Indonesia. Apa saja sih makanan yang pernah dicicipi oleh presiden ke 44 Amerika Serikat Barack Obama? Jika tertarik, simaklah beberapa makanan yang pernah dicicipi oleh Barack Obama.

1. Bakso

Makanan yang pertama adalah Bakso. Ketika presiden Barack Obama mengunjungi istana Bogor pada Jumat, 30 Juni 2017, beliau begitu menikmati bakso yang telah disajikan untuknya. Beliau melahap bakso saat hujan di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor ditemani dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

Bakso makanan makanan khas Indonesia yang paling digemari banyak orang dan juga merupakan salah satu makanan favorit presiden ke 44 Amerika Serikat, Barack Obama.

2. Sate

Makanan yang kedua adalah Sate. Tidak hanya makanan bakso saja yang dicicipi Obama ketika mengunjungi Indonesia. Barack Obama juga menyantap sate. Menariknya, saat menikmati sate tersebut, beliau berbagi dengan presiden Jokowi, dikarenakan porsi yang diberikan begitu banyak.

3. Nasi Goreng

Makanan ketiga adalah Nasi Goreng. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan yang sangat mudah ditemukan di berbagai tempat hingga pedagang kaki lima keliling.

Ketika masih kecil, presiden Barack Obama begitu sering menyantap nasi goreng. Beliau mengaku jika ia menyukai nasi goreng ketika sedang berkunjung ke Indonesia tahun 2010 lalu.

Makanan ini begitu banyak jenisnya, mulai dari nasi goreng biasa hingga nasi goreng Campuran seperti, daging kambing, sapi, ayam, seafood, bahkan ada juga nasi goreng dengan sajian yang gila atau nasi goreng yang begitu pedas. Presiden Barack Obama yang menyukai makanan pedas pun pernah mencicipi nasi goreng gila.

4. Aneka es

Selanjutnya adalah aneka es. Meskipun sudah ditawarkan Berbagai macam jenis makanan, presiden Obama malahan minta es krim cendol dan es kelapa muda. 

Pada saat pidato di konferensi Diaspora Indonesia, Barack Obama menjelaskan bahwa beliau akan menikmati sisa waktunya di Indonesia untuk menikmati es cendol. Perlu diketahui bahwa sajian es ini masuk dalam 50 minuman terenak di dunia.

5. Mie lethek

Makanan yang selanjutnya adalah Mie Lethek. Saat berkunjung ke Indonesia, Barack Obama dan keluarganya mengunjungi Yogyakarta untuk menyantap makan siang di Restoran Bumi Langit. Beliau mengaku bahwa ia dan keluarganya menyukai mie lethek, bahkan berulang kali terus-menerus untuk menikmati rasa dari mie lethek.

Perlu kalian ketahui bahwa Mie Lethek merupakan makanan khas Bantul, Yogyakarta yang berwarna tidak bening. Tepat seperti namanya "Lethek" yang artinya kotor dalam bahasa Jawa. Warnanya yang keruh tersebut adalah warna yang alami, dan mie lethek ini tidak dibuat menggunakan bahan pengawet atau pemutih. Untuk hidangan mie lethek ini bisa dibuat dengan direbus atau digoreng. Hidangan yang disantap untuk Barack Obama saat mengunjungi Restoran Bumi Langit, disajikan dalam mie lethek goreng.

6. Ikan Pepes dan Sambal Tempe

Makanan yang berikutnya adalah Ikan Pepes dan Sambal Tempe. Perlu diketahui bahwa Barack Obama sangat menyukai makanan pedas. Begitu pun dengan menu yang disajikan keluarganya, yang tidak pernah luput dari cabai.

Hidangan sambal tempe pun menjadi salah satu kesukaan Barack Obama. Makanan pedas dan sajian sambal tempe merupakan hidangan yang sering disantap Obama sejak kecil. Tidak hanya itu, beliau juga sangat gemar dengan hidangan ikan pepes.

7. Nasi Campur

Tidak hanya Mie Lethek yang di disantap presiden Obama saat mengunjungi Yogyakarta, namun beliau juga mencicipi hidangan Nasi Campur Nusantara. Hidangan ini menyajikan berbagai jenis lauk pauk di dalamnya seperti udang bakar, rendang dan keripik kentang. Hidangan tersebutlah yang paling disukai oleh beliau.

Demikian ulasan mengenai kuliner Indonesia yang pernah Obama cicipi saat berkunjung ke Indonesia. Kunjungi zonamakan untuk mendapatkan informasi lengkap seputar dunia kuliner.