Yang perlu Anda ketahui tentang SQL

SQL adalah bahasa yang dapat digunakan untuk membuat kueri kompleks dan melakukan analisis data. Bahasa ini cukup ampuh dan digunakan oleh para pekerja IT untuk mengekstrak informasi yang mereka butuhkan dari pusat data mereka. Artikel ini akan mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang SQL-sejarah, sintaks, perintah, fungsi, dan banyak lagi. Artikel ini hanya membahas konsep dan dasar-dasarnya saja. Untuk keperluan belajar secara mendalam mungkin Anda dapat mengunjungi tutorial belajar SQL yang banyak di internet.

 

Apa itu SQL dan bagaimana cara kerjanya?

Jika Anda pernah bekerja sebagai administrator database atau pengembang database, kemungkinan besar Anda sudah familiar dengan SQL. SQL adalah singkatan dari Structured Query Language dan merupakan bahasa pemrograman yang digunakan di banyak sistem manajemen basis data (DBMS) seperti Oracle Database, Microsoft SQL Server, PostgreSQL, dan lainnya.

Sistem database SQL biasanya bekerja dengan meminta pengguna melakukan query database menggunakan Structured Query Language (SQL). Informasi yang disimpan di komputer diambil dan ditampilkan kepada pengguna. Informasi dapat ditambahkan, dihapus, atau diedit seperlunya jika pengguna memiliki izin untuk melakukannya.

 

Sejarah SQL

Penggunaan SQL dapat dirunut kembali ke tahun 70-an ketika IBM mengembangkan sistem database baru. Itu disebut Sistem R, dan secara luas dianggap sebagai sistem manajemen basis data (DBMS) pertama yang menggunakan Structured Query Language (SQL). Pada saat itu pemakaian DBMS ini revolusioner karena sebelum ini tidak ada sistem database yang menyimpan informasi dalam tabel data dan dapat diakses melalui antarmuka pengguna.

BACA JUGA  Cobain 3 Trik Tersembunyi dari Aplikasi VLC Media Player

SQL adalah bahasa utama untuk sistem manajemen basis data (DBMS). Itu berasal dari bahasa pemrograman yang lebih tua yang disebut SEQUEL (Structured English Query Language). SEQUEL dibuat di IBM untuk mempermudah pengembangan program. SQL dirancang untuk menjadi bahasa tujuan umum yang dapat digunakan untuk sistem basis data apa pun.

 

Sintaks untuk membuat kueri sederhana dalam SQL

Mari kita mulai mempelajari dasar-dasar SQL. Penting untuk mengetahui cara membuat kueri basis data untuk menggunakan sistem manajemen basis data apa pun, tetapi belajar menulis kueri tingkat lanjut dapat memakan waktu yang cukup lama. Namun, dalam kebanyakan kasus, yang Anda butuhkan hanyalah dasar-dasar untuk mengakses data dari database dan memakainya untuk pembelajaran, pemecahan masalah, atau tujuan lain. Inilah cara kueri sederhana dibuat menggunakan pernyataan SQL:

CREATE DATABASE testDB;

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mulai belajar SQL adalah membuat database yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Setelah database dibuat, database dapat diisi dengan data dengan mengeksekusi query SQL. Dalam contoh di atas terlihat perintah SQL untuk membuat database, nama databasenya adalah "testDB".

CREATE TABLE testTable (id INT PRIMARY KEY, nama TEXT);

Langkah selanjutnya dalam mempelajari cara menulis kueri sederhana dalam SQL adalah mempelajari cara membuat tabel database yang menyimpan data. Contoh di atas adalah contoh perintah untuk membuat tabel database bernama "testTable" yang memiliki dua kolom, "id", yang merupakan nomor unik untuk setiap baris, dan "name", yang merupakan data teks.

BACA JUGA  Merk Laptop Paling Awet

Sekarang Anda telah membuat database dan tabel saatnya untuk mengisi data menggunakan SQL.

INSERT INTO testTable (1,'test1');

Langkah ketiga dalam mempelajari cara menulis kueri sederhana dalam SQL adalah mempelajari cara mengisi tabel database dengan data. Dalam contoh di atas,  kolom "id" telah diberi nilai 1 dan kolom nama diisi menggunakan informasi teks yang berisi "test1". Perintah insert akan menyisipkan baris ke dalam tabel database bernama "testTable".

Perhatikan bahwa beberapa DBMS memerlukan perintah SQL yang peka terhadap huruf besar-kecil atau case sensitive, jadi Anda harus yakin untuk menggunakan huruf besar setiap kata dengan benar. Anda baru saja membuat database sederhana dan mengisinya dengan data menggunakan perintah SQL.

 

Bagaimana cara belajar SQL?

Banyak pilihan pembelajaran tersedia untuk Anda. Anda dapat belajar SQL dari buku, ruang kelas, dan situs pembelajaran online seperti Nextgen, Udemy.com atau Coursera.org. Ada juga opsi pembelajaran lanjutan untuk mulai mempelajari analisis data karena penting bagi Anda untuk memahami cara kerja basis data dan beberapa konsep basis data dasar setelah mempelajari SQL.