Waktu Pemberian Pupuk yang Tepat

Berkebun dan bertani sepertinya sudah menjadi hobi dan pekerjaan utama masyarakat Indonesia. Merekalah yang menjadi penyokong kebutuhan utama  atas makanan pokok dan beberapa kebutuhan primer lainnya. Nah untuk Anda yang ingin mencoba, pastikan mengetahui waktu apa saja yang cocok.

Pemberian Pupuk yang Tepat dan Berimbang

Salah satu faktor pendukung keberhasilan produktivitas hasil panen adalah pemberian komposisi pupuk yang tepat dan berimbang. Teknik ini harus memperhatikan sifat dan fungsi dari pupuk tersebut, karena setiap kompos atau urea memang memiliki karakteristik berbeda-beda. Yuk langsung kita bahas saja:

Tepat Waktu

Terkadang para petani masih tergesa-gesa untuk memberikan pupuk pada tanaman padi atau sejenisnya. Mereka terkadang memberikan pupuk saat tanaman masih dalam keadaan pembungaan atau pembentukan buah, hal ini tentu menjadikan tanaman justru mati karena bunga menjadi rontok.

Inilah yang harus dipelajari oleh para petani yang masih pemula. Ilmu satu ini memang tidak ada teorinya secara langsung, namun Anda bisa belajar dari pakar-pakarnya langsung. Perhatikan dengan seksama karakteristik dari pupuk tersebut, karena berbeda-beda masa penyebarannya.

Pemupukan yang Seimbang

Selanjutnya juga harus memperhatikan pula dosis pemupukan yang seimbang, berikan sesuai anjuran yang telah diberikan pakar. Terkadang para petani malah melakukan pemupukan melebihi dosis sehingga membuat tanaman roboh karena terlalu berat dan belum saatnya menerima pupuk.

BACA JUGA  3 Cara Mudah Membuat Hidroponik Yang Perlu Kalian Ketahui

Memberikan pupuk kimia dan organik secara seimbang  perlu dilakukan karena ini akan menunjang produktivitas dari masa tumbuhnya tanaman tersebut. Harganya memang jadi lebih mahal, namun Anda bisa menghematnya dengan menggunakan pupuk tunggal saja. Ini bisa mempermudah pekerjaan.

Atur Jadwal Pemupukan

Agar tidak terjadi pemupukan yang overdosis, baiknya anda perlu mengatur jadwal pemupukan, lebih baik memberikan pupuk dengan dosis yang rendah saja, namun sering-sering mengatur jadwal saja agar tidak membahayakan tanaman.

Pemupukan memang susah-susah gampang, namun langkah ini memang tidak bisa di langkahi, karena menjadi faktor penting untuk meningkatkan produktivitas dari tanaman tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan pula faktor lingkungan.

Sumber : https://www.kebun.co.id/