Tong Sampah 3 Warna

Saat bepergian ke suatu tempat, tentunya Anda akan sering menjumpai tong sampah 3 warna atau tong sampah fiberglass. Namun tahukah Anda? Bahwa masing-masing warna tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Bagi orang awam tentu tidak bisa membedakan diantara ketiga warna tersebut.

Ada tiga warna tong sampah yang seharusnya Anda ketahui supaya mengetahui berdasarkan dari masing-masing fungsinya. Untuk lebih jelasnya lagi berikut ini penjelasannya.

1. Tong Sampah Warna Hijau

Untuk tempat sampah dengan warna hijau ini berarti bahwa sampah-sampah yang ada di dalamnya adalah sampah organik. Kategori sampah organik tersebut mencakup seperti sampah alami. Contohnya ranting daun, dedaunan, sisa makanan atau yang mudah diurai oleh alam. Sampah organik juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pupuk kompos.

2. Tong Sampah Warna Kuning

Penggunaan tong sampah yang berwarna kuning ini adalah sampah anorganik. Contohnya seperti kaleng, plastik, styrofoam, atau yang lainnya. Sampah anorganik memang berbeda dengan sampah organik karena rata-rata dari bahan anorganik tersebut adalah benda yang diciptakan oleh mesin. Sehingga lebih sulit terurai.

Untuk sampah plastik atau sampah anorganik tersebut tidak mudah terurai meskipun sudah ratusan tahun. Sebelum sampah tersebut terurai maka bisa merusak lingkungan. Sebab itulah alasan sampah anorganik tersebut harus dipisahkan dari jenis sampah yang lainnya supaya bisa didaur ulang.

BACA JUGA  Pengertian Suaka Margasatwa Dan Cagar Alam

3. Tong Sampah Warna Merah

Warna tong sampah merah memang belum banyak diketahui oleh masyarakat yang ada di sekitar. Padahal tempat sampah dengan warna merah ini digunakan untuk menampung sampah secara khusus yaitu sampah B3 yang beracun dan mengandung bahan berbahaya.

Contohnya saja seperti bahan-bahan kimia, pecahan kaca, maupun benda berbahaya yang lainnya. Tujuan dari pemilahan sampah B3 sesuai dengan kategori yaitu diharapkan supaya bisa menghilangkan atau meminimalisir adanya resiko bahaya yang bisa dialami oleh orang lain. Terutama petugas kebersihan.

 

Dengan mengetahui tong sampah 3 warna seperti penjelasan di atas diharapkan Anda bisa membuang sampah sesuai kategori dan jenisnya. Cara ini secara tidak langsung menjaga lingkungan hidup agar tetap bersih dan sehat.