Tips Menyimpan Sepatu agar Tidak Mudah Berjamur

Jika kamu memiliki sepatu yang banyak di rumah, tentu saja tidak ingin jika sepatunya menjadi berjamur karena cara penyimpanan yang salah. Menyimpan sepatu secara sembarangan akan menyebabkan sepatu berjamur, dan debu akan menutupi sepatu. Sepatu yang berdebu tentu saja akan mudah rusak dan memiliki warna yang kusam ketika digunakan. Oleh karena itu rawat sepatu dengan benar supaya awet dan selalu terlihat rapi ketika digunakan.  

Berikut ini cara untuk menyimpan sepatu dengan benar:

1. Simpan Sepatu Berdasarkan Penggunaan

Sebelum kamu menyimpan sepatu sebaiknya pilih sepatu berdasarkan yang sering digunakan. Sepatu yang sering digunakan setiap hari, harus dipisah dengan sepatu yang digunakan seminggu sekali ataupun jarang dipakai. Siapkan rak yang mudah dijangkau, kemudian letakan sepatu yang sering dipakai tersebut. Dan sepatu yang jarang dipakai bisa dimasukan kedalam kotak.

2. Gunakan Sumpel Sepatu 

Ketika akan menyimpan sepatu, penting untuk memperhatikan suhu seperti ruangan tersebut lembab atau tidak. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan sumpal sepatu. Sepatu yang jarang dipakai atau hanya dipakai seminggu sekali maka sangat perlu untuk disumpal. Sumpal ini akan berfungsi untuk tetap menjaga bentuk sepatu. Sepatu yang disimpan tanpa sumpal akan memiliki lipatan dan akan membuat sepatu cepat rusak. Selain itu sepatu yang tidak disumpal akan mengalami perubahan bentuk pada strukturnya. Terlebih jika sepatu tersebut berbahan dari kulit.

3. Sumpal Kayu 

Ada beberapa jenis sumpal yang dapat kamu gunakan untuk menjaga struktur sepatu supaya tetap rapi dan awet. Tetapi sumpal kayu sangatlah tepat untuk kamu yang akan menyimpan sepatumu dalam jangka waktu yang lama. Sepatu yang sering digunakan akan memiliki struktur yang tetap sama seperti baru. Saat membeli sumpal sepatu kayu perhatikan ukuranya, carilah yang sesuai dengan sepatu kamu. Dengan menggunakan sumpal sepatu yang memiliki ukuran yang berbeda maka akan membuat sepatu tersebut merenggang. Ketika kamu akan menyimpan sepatu dengan sumpal kayu maka diamkan beberapa saat supaya tidak lembab saat disimpan.

BACA JUGA  Cara Penulisan Makalah untuk Jurnal Ilmiah 

4. Tisu Bebas Asam

Dalam menyimpan sepatu dalam masa yang sedang atau tidak terlalu lama maka kamu dapat menyumpalnya menggunakan sepatu yang bebas asam. Untuk sepatu yang digunakan beberapa hari sekali dapat disumpal dengan sumpalan yang ringan. Tisu bebas asam memiliki sifat menyerap dan juga menjaga tingkat kelembaban dalam sepatu. Dengan menggunakan tisu bebas asam maka sepatumu akan terlindungi dan bebas dari jamur.

5. Bersihkan Sepatu 

Setelah mengetahui bahan penyumpal yang sesuai kemudian bersihkan sepatu sebelum menyimpanya. Bersihkan debu-debu yang menempel kemudian berikan kondisioner pada sepatu yang berbahan kulit. Sepatu kulit memerlukan perawatan khusus, seperti menggunakan kondisioner pada seluruh permukaan sepatu kulit. Ketika menyumpal sepatu pastikan sumpalan penuh hingga ke jari-jari kaki. Setelah bersih dan disumpal kemudian masukan sepatu pada kotak dan atau simpan di lemari. Jika kamu tidak bisa membersihkannya dengan cara yang benar, kamu bisa menggunakan jasa cuci sepatu Makassar. Layanan ini akan membantu kamu dalam membersihkan sepatu secara maksimal.

6. Pilih Kota Penyimpanan

Ada beberapa jenis penyimpanan sepatu yang dapat kamu pilih, seperti lemari dengan tutup kaca, lemari kotak-kotak, dan lemari rak. Jika kamu ingin menyimpan sepatu dengan jangka yang panjang maka kamu dapat menggunakan kotak penyimpanan sebelum meletakkannya pada lemari. Kotak penyimpanan dapat melindungi sepatu dari debu dan udara yang lembab supaya sepatu tidak mudah rusak dan awet. Jika kotak sepatu aslimu rusak maka kamu dapat menggantinya dengan kotak plastik. Sebelum menggunakan kotak plastik pastikan kotak tersebut telah bersih dan kering. Kotak plastik yang kotor dapat memicu munculnya jamur yang akan menempel pada sepatu.

BACA JUGA  Pentingnya Membersihkan Karpet

7. Hindari Menumpuk Sepatu Tanpa Menggunakan Kotak 

Jika kamu menggunakan rak sepatu pastikan kamu menumpuknya secara tertata dan tidak asal. Menumpuk sepatu secara asal dapat membuat tekstur dan permukaan sepatu menjadi rusak ditambah jika sepatu yang memiliki bahan lembut. Pilihlah rak yang memiliki ukuran yang sesuai dengan jumlah sepatu yang kamu punya. Jika rak sepatu tersebut penuh maka jangan paksa untuk menumpuk sepatu.

8. Hindari Membungkus Sepatu Menggunakan Plastik

Plastik bukanlah bahan yang bagus untuk menyimpan sepatumu dalam jangka yang panjang. Karena bahan plastik mudah sekali lembab dan dapat membuat sepatu berjamur. Oleh karena itu maka hindarilah penggunaan plastik ketika akan menyimpan sepatumu. Namun kamu dapat juga menggunakan plastik untuk membawa sepatumu dalam bepergian.