Tips Mendapatkan Leads Melalui Optimasi SEO

Leads merupakan sekumpulan orang yang tertarik terhadap produk atau layanan pada bisnis Anda. Leads bisa didapatkan dengan cara atau bentuk bisnis Anda yang dipasarkan. Namun, bagaimana sih caranya untuk mendapatkan leads dalam dunia bisnis dan marketing?

Hal yang sangat sederhana supaya mendapatkan leads adalah menyediakan form pendaftaran e-mail di dalam website bisnis anda. Form ini akan membantu Anda untuk mengumpulkan data para pengunjung website Anda yang pada dasarnya sudah tertarik.

Setiap website mempunyai trafik pengunjung yang berbeda-beda. Kesempatan mendapatkan leads semakin terbuka lebar, jika trafik pengunjung pada website Anda tinggi. Anda membutuhkan SEO untuk itu.

SEO mampu memberikan jaminan yaitu peningkatan trafik pengunjung. Karena , trafik pengunjung yang naik akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan leads. Tidak hanya mendapatkan leads, tetapi juga mendapatkan brand awareness dari produk atau layanan bisnis Anda sendiri.

Sebenarnya Anda dapat memanfaatkan platform media sosial untuk mendapatkan leads. Tetapi, ternyata menggunakan media sosial untuk mendapatkan leads tidak terlalu efektif. Karena, dengan menggunakan SEO dan elemen lainnya dalam digital marketing justru lebih efektif. Berikut cara yang tepat untuk mendapatkan leads dengan menggunakan SEO.

Tips Mendapatkan Leads dengan SEO

Kunci utama SEO yaitu website bisnis Anda sendiri. Karena saat Anda telah menetapkan untuk melakukan optimasi website menggunakan SEO, maka anda harus melakukan dengan cara yang tepat sesuai kaidah SEO. 

Keyword merupakan hal yang paling penting dalam SEO. Gunakan keyword yang volume pencariannya tinggi, tetapi mempunyai kompetensi yang rendah. SEO tidak bisa lepas dari konten, maka Anda harus membuat konten dari keyword yang telah dicari. Memasukkan keyword pada meta description, judul dan beberapa bagian konten. Lalu, letakkan internal link yang mengarahkan ke laman website.

BACA JUGA  Tutorial Instagram Sederhana untuk Pemula

Berikan konten yang SEO friendly yang memuat informasi edukatif dan dapat diambil manfaatnya. Karena konten seperti itu yang biasanya dibutuhkan dan dicari oleh pengguna internet. 

1. Berikan Konten yang SEO Friendly

Website Anda harus memberikan konten yang SEO friendly, untuk mendapatkan pengunjung. Tambahkan juga keyword di heading 2&3, pada beberapa bagian konten, meta description, dan di judul. Masukkan juga gambar yang sudah di optimasi dengan keyword sebagai judulnya, internal link, CTA (Call To Action), dan internal link.

Memberikan CTA di akhir konten dinilai sangat penting untuk mendapatkan leads. Karena, saat pengunjung telah selesai membaca konten pada website anda dan kemudian mereka tertarik. Para pengunjung pasti membutuhkan arahan untuk langsung menuju ke tim bisnis Anda.

CTA biasanya diletakkan pada laman contact us atau dalam bentuk internal link ke laman produk, serta bisa juga Anda memang menuliskan alamat e-mail atau nomor yang bisa dihubungi. CTA ini dapat membantu mencapai target leads yang ingin anda capai secara perlahan.

2. Buat Konten yang Beragam

Tidak hanya berupa artikel saja konten yang Anda dapat buat, namun juga bisa berupa studi kasus, demo produk/layanan, e-book, sampai webinar.konten yang beragam ini akan memberikan Anda dua keuntungan.

BACA JUGA  Begini Cara Mengganti Email Instagram

Keuntungan pertama, Anda akan mendapatkan kepercayaan calon pelanggan karena dengan konten yang beragam dapat menunjukkan citra bisnis ini professional. Keuntungan kedua, ketika konten yang Anda buat beragam, maka akan membedakan Anda dengan pesaing.

3. Sediakan Landing Page

Anda perlu menyediakan landing page, supaya saat Anda memasang iklan atau melakukan promosi via e-mail, customer yang melihat bisa langsung masuk ke dalam landing page. Umumnya, landing page berisi penjelasan produk atau layanan yang disediakan bisnis Anda. Sebaiknya, penjelasan diberikan secara lengkap, jelas, serta tetap mampu menarik perhatian. 

4. Buat FAQ

FAQ (Frequently Asked Questions) juga dapat dimasukkan keyword yang ingin dioptimasi dengan SEO. FAQ menjadi salah satu persyaratan SEO, hal itulah yang menjadikan keberadaan FAQ ini penting. Produk yang sudah dioptimasi tapi tidak memiliki FAQ, pasti hasilnya berbeda jika dibandingkan dengan laman FAQ. Pertanyaan yang diberikan sesuai kebutuhan konsumen sehingga mereka semakin mengerti mengenai produk atau layanan bisnis Anda. Tambahkan juga CTA supaya pengunjung dapat langsung menjadi bagian dari leads.

 

Itulah tips untuk mendapatkan leads yang lebih besar dengan memanfaatkan praktik SEO. Dengan tips ini Anda tidak hanya belajar SEO, namun juga mendapat manfaat berupa mendapatkan leads dan meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis Anda.