Tips Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner bukanlah satu-satunya cara untuk membersihkan karpet yang ada di rumah kamu. Ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan dan pastinya yang lebih hemat listrik tetapi tetap efektif. Karpet yang kotor pasti akan mengganggu kenyamanan penghuninya saat beraktivitas. Oleh karena itu kamu harus rajin membersihkannya dari noda dan debu supaya tidak menumpuk.

Membersihkan karpet dengan cara yang tepat juga bisa menjadikan karpet lebih awet digunakan. Dalam membersihkan karpet tidak harus menggunakan penyedot debu/ vacuum cleaner, kamu bisa menggunakan cara lain yang tidak kalah efektifnya.

 

Berikut tips membersihkan karpet tanpa menggunakan vacuum cleaner

1. Menggunakan sapu pukul dari rotan

Tidak memiliki vacuum cleaner untuk membersihkan debu di karpet? Tidak masalah kamu masih bisa menggunakan sapu pukul dari rotan untuk membersihkan debu yang ada di karpet. Jika dibandingkan dengan vacuum cleaner, sapu pukul dari rotan ini memiliki harga yang relatif terjangkau, meskipun membutuhkan lebih banyak tenaga dibandingkan menggunakan vacuum cleaner.

Kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa menjangkau semua area pada karpet. Pukulan yang dihasilkan dari sapu rotan ternyata mampu mengangkat debu dan kotoran dari karpet dengan maksimal. Namun, untuk membersihkan karpet dengan rotan ini jangan lupa untuk memakai masker dan baju panjang supaya debu tidak masuk ke saluran pernafasan.

2. Menggunakan kemoceng

Jika kamu tidak memiliki sapu pukul dari rotan, kamu juga bisa menggunakan kemoceng sebagai alternatif untuk menghilangkan debu yang menempel pada karpet. Membersihkan karpet menggunakan kemoceng juga cukup mudah dan praktis untuk dilakukan. Benda wajib yang satu ini pasti selalu ada di dalam rumah sebagai alat untuk membersihkan perabotan rumah dari debu. 

BACA JUGA  Tips Menyimpan Sepatu agar Tidak Mudah Berjamur

Kemoceng ini bisa menghilangkan debu dan kotoran ringan yang menempel pada karpet. Sama halnya dengan penggunaan sapu pukul, untuk menggunakan kemoceng kamu harus memakai masker dan alat pengaman lainnya supaya debu tidak masuk ke saluran pernafasan.

3. Sapu lantai biasa

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan sapu lantai biasa. Cara ini memang terlihat masih jadul namun tetap efektif untuk menghilangkan noda yang ada di lantai maupun karpet. Yang perlu kamu lakukan hanya menyapu karpet satu arah supaya kotoran terangkat sepenuhnya, dan juga pilih sapu yang bulunya sedikit keras seperti sikat. Kemudian arahkan kotoran yang sudah terkumpul ke pengki sehingga lebih mudah untuk membuangnya. 

4. Menggunakan sikat berbulu kaku

Kamu bisa menggunakan sikat berbulu kaku ini setelah selesai memukul karpet menggunakan sapu pukul dari rotan. Ketika karpet masih menggantung, sikatlah permukaannya. Gunakan sikat dengan bulu yang sifatnya kaku supaya lebih kuat ketika menarik kotoran yang ada di karpet. Ketika menggunakan cara ini jangan lupa untuk mengecek permukaan sikatnya secara berkala untuk menyingkirkan helaian benang atau rambut yang mungkin tersangkut di dalamnya.

5. Sticky roller

Bentuknya memang seperti roller biasa, namun siapa sangka bagian roll nya berupa lembaran kertas yang lengket. Alat ini sangat berguna terutama untuk bulu binatang atau bulu lainnya di permukaan kain. Tidak hanya kain, kamu juga bisa memakainya untuk membersihkan karpet. 

Hanya saja kekurangannya adalah semakin lebar karpet maka akan semakin banyak pula lembaran sticky roller yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih cara ini jika kamu memiliki roller yang berukuran besar. 

BACA JUGA  Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Anda Memilih Perusahaan Penyedia Jasa Sewa Truk Harian

6. Cuci karpet dengan air

Untuk membersihkan karpet secara mendalam, saatnya untuk melibatkan air dan juga larutan pembersih. Siapkan ember kecil, detergen dan sikat pilihanmu untuk membersihkan karpet. Campurkan air dan detergen ringan di dalam ember, lalu basahi sikat dengan larutan tersebut. 

Gosok karpet menggunakan sikat secara perlahan untuk mengangkat seluruh debu dan kotoran. Jika seluruh bagian karpet sudah digosok, selanjutnya bilas menggunakan air bersih dan jemur ditempat yang memiliki sirkulasi udara cukup baik jangan dijemur dibawah terik matahari langsung. Setelah karpet kering maka akan tampak seperti baru ketika warnanya kembali seperti semula.

7. Menggunakan cuka

Jika karpet yang sudah dibersihkan ternyata memiliki masalah dengan noda. Kamu bisa menggunakan cuka untuk membersihkan noda yang ada di karpet tersebut. Cuka memang merupakan bahan yang banyak digunakan untuk mengangkat kotoran yang membandel.

Cara penggunaanya cukup dicampur dengan air kemudian gunakan spons untuk mengambil larutan air dan cukanya. Spons yang sudah dicelupkan ke air selanjutnya bisa digosokkan ke bagian karpet yang bernoda. Jika nodanya sudah hilang, maka bilas karpet menggunakan air dan dijemur hingga kering.

 

Demikian pembahasan mengenai tips membersihkan karpet tanpa vacuum cleaner. Jika kamu tidak memiliki vacuum cleaner di rumah, tips di atas bisa diterapkan. Namun jika kamu ingin memperoleh hasil yang lebih bersih maksimal, jasa cuci karpet Padang siap membantu kamu. Layanan kami tersedia untuk membuat semua karpet kotor menjadi karpet yang bersih dan bebas kuman.