Tips Bekerja dengan Algoritma Instagram

Setiap mesin pencarian dan platform sosial media memiliki algoritma yang berbeda satu dengan yang lainnya, termasuk platform Instagram. Algoritma Instagram sendiri merupakan teknologi yang memiliki kemampuan untuk menentukan konten mana yang paling sering muncul dan paling banyak dilihat oleh pengguna Instagram ketika mereka membuka feed yang ada di platform tersebut. 

Lalu, bagaimana sistem kerja dari algoritma Instagram? Mempelajari sistem kerja dari algoritma Instagram  akan sangat berguna dalam meningkatkan performa kerja dari kampanye sosial media yang Anda lakukan, karena tujuannya tidak lain tidak bukan untuk mendapatkan koneksi dengan audiens yang lebih banyak.

Sistem Kerja Algoritma Instagram

Tahukah Anda hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi sistem kerja dari algoritma Instagram? Nah berikut akan kami uraikan..

1. Relationship atau Hubungan

Setiap platform sosial media pasti memiliki misi untuk membuat penggunanya menghabiskan waktu lebih banyak di platform mereka. Maka dari itu, salah satu strategi algoritma Instagram adalah untuk lebih banyak memunculkan postingan-postingan dari akun-akun yang terakhir kali berhubungan dengan akun pengguna.

2. Interest atau Minat

Algoritma akan secara otomatis memilih beberapa postingan yang dirasa memiliki keterkaitan dengan postingan yang berpotensi dinikmati oleh pengguna, algoritma akan menunjukan postingan yang serupa secara lebih sering kepada pengguna. Dengan begitu, Instagram dapat dengan mudah mencapai misinya tadi.

3. Timeliness atau Ketepatan Waktu

Postingan baru tentu memiliki peluang yang lebih tinggi untuk muncul di feed pengguna, agar dapat bertahan di feed teratas dari Instagram, Anda haruslah membuat postingan-postingan dengan konten yang berhubungan dengan interest dari pengguna yang menjadi sasaran Anda. Oleh sebab itulah mengapa selain Anda harus pandai-pandai dalam memilih waktu dalam mem-posting, Anda juga harus pandai dalam memilih konten apa yang akan Anda unggah.

BACA JUGA  Modern Workplace Membuat Anda Menjadi Lebih Produktif

 

Nah, setelah memahami ketiga kriteria yang sudah kami uraikan diatas, Anda juga harus memahami beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bekerja dengan algoritma Instagram.

Tips Bekerja dengan Algoritma Instagram

1. Konsisten Upload

Mengunggah postingan di Instagram secara konsisten tidak hanya akan dapat menunjang akun Anda menjadi lebih mudah untuk diakses pengguna tetapi juga dapat mempermudah akun Anda untuk beradaptasi dengan algoritma mereka.

Anda bisa membuat kalender untuk waktu kapan saja Anda harus mengunggah suatu postingan di akun Anda, jangan lupa untuk selalu menyesuaikannya dengan data insight yang tersuguh di akunmu. Ini berhubungan dengan kinerja akun masing-masing pengguna yang berbeda-beda.

2. Analisis Akunmu

Bagi Anda yang sudah mengubah akun Anda menjadi akun kreator atau bisnis, Anda pasti akan mendapat satu fitur yang bernama insight. Fitur insight berfungsi untuk mengetahui postingan mana yang diminati oleh para pengguna yang mengikuti akun Anda.

Memahami data pada akun sendiri dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam memahami pengguna, semua data dapat Anda lihat melalui fitur insight.

3. Reupload Konten Menarik

Tips selanjutnya adalah temukan konten yang dirasa menarik untuk pengikut Anda, unggah ulang konten-konten tersebut. Dengan begitu, akan sangat membantu akun Anda untuk lebih dikenal oleh pengguna lain.

4. Penghargaan pada Pengikut

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan interaksi dan traffic digital marketing Anda, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi penghargaan pada pengikut dan penonton.

BACA JUGA  Login Instagram dan Segala Masalah Teknisnya

5. Collab 

Perluas koneksi akun dengan cara berkolaborasi dengan influencer yang ada di Instagram. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan pengikut Anda agar kolaborasi yang Anda lakukan dapat menghasilkan simbiosis mutualisme.

6. Ciptakan Hubungan yang Baik

Tips ini dapat membuat akun Anda berkembang dengan cepat, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah buatlah berbagai jenis interaksi yang bisa Anda lakukan (Q&A dan memberikan respon balasan baik di DM maupun kolom komentar). Jangan lupa untuk tetap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

7. Hashtag yang Populer 

Tips ini dapat menghasilkan kesempatan postingan Anda dilihat oleh pengguna non followers Anda menjadi lebih besar. Gunakan hashtag yang populer untuk menaikan jumlah penonton akun Anda. Jangan lupa untuk melakukan riset hashtag, karena ada beberapa hashtag populer yang dapat memberikan dampak negatif untuk akun Anda.

8. Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat ketika mengunggah postingan, analisis kapan waktu terbaik pengikut dan penonton membuka Instagram. Usahakan untuk mengunggah postingan saat penonton sedang online agar konten Anda bisa langsung mendapat interaksi dari para penonton.

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menerapkan tips mudah dari kami? Semoga Tips Bekerja dengan Algoritma Instagram dari kami dapat membantu Anda!