Tipe Rumah Subsidi

Bagi masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah, impian terbesar yakni punya hunian. Oleh karena itu, banyak yang mengambil KPR rumah subsidi. Selain lebih terjangkau, tipe-tipe rumah subsidi pun bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Tak heran, jika saat ini banyak bank menawarkan KPR dengan beragam tenor dan syarat.

 

Definisi Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan rumah yang dijual dengan harga terjangkau khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Rumah ini menawarkan kemudahan bagi orang-orang yang memang mengajukan KPR dengan bunga flat. Selain itu, Bunga KPR rumah subsidi jelas sangat terjangkau karena memang oleh Pemerintah dan KPU (Kementerian Pekerjaan Umum) serta Perumahan Rakyat (PUPR).

 

Tipe Rumah Subsidi

Seperti yang tercantum dalam peraturan PUPR Nomor 242/KPTS/M/2020 bangunan rumah subsidi memiliki ukuran 21 m² sampai 36 m² dan luas tanah sekitar 60 m² sampai dengan 200 m².

tipe rumah subsidi

Rumah subsidi sendiri memiliki harga yang berbeda-beda sesuai ukuran yakni tipe 25, tipe 36 dan tipe 72. Berikut  penjelasan satu per satu tipe-tipe rumah subsidi yang bisa Anda pilih.

Rumah Tipe 21

Rumah dengan tipe 21 merupakan rumah paling kecil dalam pilihan rumah subsidi. Rumah ini berukuran 3 x 7 meter.

BACA JUGA  Cara Memilih Rumah Depok yang Terbaik Untuk Keluarga

Rumah tipe ini biasanya hanya berupa dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu ruangan serbaguna yang bisa dijadikan ruang tamu atau dapur.

Rumah Tipe 36

Ukuran rumah tipe 36 ini memiliki luas bangunan 36 meter persegi. Luas bangunan ini berdiri di atas lahan dengan luas beragam seperti 70 meter persegi atau 72 meter persegi.

Tipe rumah 36 umumnya dibangun 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan 1 dapur. Rumah ini cocok untuk Anda yang memiliki 1 anak dan tidak ingin rumah besar.

Rumah Tipe 72

Rumah tipe 72 merupakan ukuran terbaru yang ditawarkan secara langsung Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk rumah subsidi.

Tipe rumah ini sengaja ditambahkan dengan rampungnya peraturan baru dari FLPP. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda.

 

Penutup

Demikian pembahasan mengenai apa itu rumah subsidi beserta tipe-tipe rumah subsidi. Anda bisa menyesuaikan ukuran rumah subsidi sesuai dengan kebutuhan, budget, dan jumlah orang yang akan menghuni rumah tersebut. 

Sumber website : Rumahsubsidibekasi.com