Terhindar dari Kanker dengan Konsumsi Alpukat Secara Rutin

Alpukat memang telah diketahui memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh buah alpukat adalah mampu mencegah atau mengurangi resiko terjadinya kanker. Bagi anda yang belum tahu, buah alpukat telah terbukti memiliki berbagai macam manfaat yang sudah ada hasil penelitiannya. Maka jangan heran jika buah alpukat juga disebut sebagai buah yang super.

Sama seperti jenis buah dan sayur jenis lainnya alpukat juga kaya akan serat. Sedangkan jika anda rutin mengkonsumsi serat atau meningkatkan asupan serat sangat erat kaitannya dengan rendah terkena penyakit kanker.

Buah alpukat sangat mudah ditemui di daerah dengan iklim tropis, salah satunya adalah Vietnam. Banyak jenis alpukat unggul yang berasal dari vietnam seperti alpukat thanh bich, alpukat cuba, alpukat booth 7, dan alpukat hong ngoc.

Ke empat jenis alpukat tersebut merupakan jenis alpukat unggul yang berasal dari vietnam. Bahkan bibit alpukat hong ngoc sudah bisa dibudidayakan di luar vietnam. Karena bibit alpukat hong ngoc memiliki tingkat adaptasi yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis alpukat yang lain.

Buah alpukat juga diketahui kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Antioksidan juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, antioksidan bekerja untuk mengurangi jumlah radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh yang akan mampu untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan penyakit lainnya.

BACA JUGA  Bantu Penuhi Gizi, 7 Makanan Ini Sehat Terbaik Bagi Lansia

Dengan berkurangnya radikal bebas di dalam tubuh, akan mampu mencegah sel-sel kanker tumbuh atau menyebar ke berbagai bagian tubuh. Selain itu buah alpukat yang memiliki antioksidan di dalam buahnya juga mampu mengurangi resiko terjadinya peradangan di dalam tubuh. Tingkat peradangan yang rendah juga mengindikasikan resiko terkena kanker yang rendah juga.

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan telah membuktikan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat akan mampu mengobati beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Dibawah ini adalah beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai beberapa jenis kanker yang bisa diobati dengan rutin mengkonsumsi alpukat.

 

Kanker Mulut

Penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University yang kemudian diterbitkan dalam seminar Biologi kanker mengemukakan jika dengan mengkonsumsi ekstrak buah alpukat, akan mampu menghancurkan sel-sel kanker atau sel-sel penyebab kanker serta mampu mencegah pembentukan sel-sel kanker baru.

 

Kanker Prostat

Selanjutnya adalah penelitian yang dilakukan oleh UCLA pada tahun 2005 yang menemukan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat yang diekstrak dapat menghambat terjadinya pertumbuhan kanker prostat androgen-dependent dan androgen-independen secara in vitro atau secara kultur jaringan. Selain itu para peneliti juga percaya jika buah alpukat mampu menghancurkan sel-sel kanker, karena kadar lemak tak jenuhnya yang tinggi serta kandungan nutrisi di dalam buahnya seperti karotenoid bioaktif dan fitokimia lain.

BACA JUGA  Berbagai Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal Sesuai Anjuran Kesehatan

 

Kanker Payudara

Selanjutnya adalah penelitian yang membuktikan bahwa alpukat mampu mengatasi kanker payudara, karena kandungan asam oleat pada buah alpukat yang tinggi. Penelitian yang dilakukan di University of Granada di Spanyol telah menemukan jika minyak yang terkandung di dalam buah alpukat dan zaitun memiliki asam oleat yang tinggi yang mampu menurunkan HER2-positif kanker payudara.

 

Itulah ketiga jenis kanker yang dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat. Rutin bukan berarti berlebihan, anda bisa menakar konsumsi alpukat anda jangan terlalu berlebihan. Karena jika berlebihan dalam mengkonsumsi buah alpukat bisa memberikan dampak yang tidak baik juga bagi tubuh, seperti meningkatkan berat badan.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/