Persiapkan Hal Ini Sebelum Melakukan Akupuntur

Akupuntur sudah dikenal lama di Indonesia. Teknik pengobatan dari Negeri Tirai Bambu ini menggunakan jarum-jarum kecil sebagai medianya. Jarum-jarum tersebut kemudian ditusukkan pada titik-titik tertentu tubuh.

Selain bermanfaat untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar, seni pengobatan tradisional akupuntur ini juga dikenal sangat efektif untuk menunjang sisi estetika, yakni membuat tubuh lebih ideal sekaligus menghilangkan jerawat yang kerap kali menyerang wajah dan area punggung.

Jangan Asal Akupuntur Sebelum Mempersiapkan Hal Ini!

Akupuntur bukanlah sembarang terapi yang bisa dilakukan kapan saja dan bagaimana pun. Teknik pengobatan yang satu ini memerlukan persiapan yang matang. Terutama untuk kamu yang baru mau kali pertama melakukannya.

Apa sajakah persiapannya? Simak penjelasannya berikut ini!

  • Hindari Makan Berat

Saat hendak melakukan pengobatan akupuntur, tubuh harus benar-benar rileks dan ringan. Karena itu, setidaknya beberapa jam sebelumnya hindari mengkonsumsi makanan berat seperti nasi, daging, telur dan makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi lainnya.

Makanan berat yang kita konsumsi tersebut akan membuat perut bekerja lebih keras dan tubuh lebih terasa penuh sehingga sulit untuk rileks.

  • Jangan Mengkonsumsi Kafein

Bagi kamu para penggemar kopi, tunda dulu untuk minum kopi sebelum mengunjungi dokter akupuntur. Kenapa?

BACA JUGA  Memahami Lebih Baik Tentang Vaksin Kanker Serviks

Kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat fungsi otak bekerja lebih keras dan tajam sehingga membuat tubuh tegang dan tentu saja akan sulit untuk rileks. Alhasil bila dipaksakan akan membuat keseimbangan otak dan tubuh terganggu. Jadi, sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi, teh atau minuman berkafein lainnya sebelum melakukan akupuntur.

  • Istirahat Cukup dan Tanamkan Positif Thinking

Sebelum melakukan terapi tradisional ini, pastikan tubuh kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur malam minimal 7 jam dan hindari begadang!

Sebagian orang merasa takut dan cemas ketika hendak melakukan akupuntur. Alasannya karena terapi ini menggunakan media jarum, yang mana dikenal tajam dan menyakitkan bila tanpa sengaja menusuk jari tangan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa jarum-jarum yang digunakan dalam pengobatan akupuntur ini jelas berbeda dengan jarum yang biasa kamu gunakan untuk menjahit pakaian. Jarum-jarum tersebut sudah disterilisasi sebelumnya dan dipastikan aman secara pandangan medis. Jadi, kamu tak perlu takut untuk melakukan pengobatan akupuntur ini!

  • Punya Tujuan yang Jelas

Akupuntur memberikan banyak sekali manfaat bagi pasiennya. Jangan melakukan terapi ini jika tujuanmu hanya coba-coba! Karena tusukan jarum tersebut disesuaikan dengan sakit pada tubuh yang ingin disembuhkan. Perjelas dulu tujuanmu melakukan akupuntur sebelum pergi ke lokasi terapinya.

BACA JUGA  Gangguan Kesehatan Akibat Plak yang Timbul pada Gigi

Jangan pula ragu atau malu akan kondisi tubuhmu sebab jarum akupuntur ini nantinya akan menusuk bagian terdalam tubuhmu dan kamu harus pula jujur akan kondisinya.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu persiapkan sebelum melakukan akupuntur. Percayalah Teknik pengobatan yang melegenda ini tidak semengerikan yang kamu bayangkan. Sebaliknya, banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan setelah mencoba akupuntur.

Begitu banyak dokter akupuntur yang membuka prakteknya di wilayah Indonesia ini. Terutama di kota-kota besar, seperti Jabodetabek dan Pulau Jawa. Tidak sulit memang untuk menemukan satu saja dokter akupuntur.

Namun, sayangnya tidak semua dokter akupuntur benar-benar bisa dipercaya. Masih saja ditemukan dokter akupuntur abal-abal alias palsu. Jadi, kamu harus sangat teliti dan cermat dalam memilih dokter akupuntur. Lakukan riset sebaik mungkin untuk menemukan dokter akupuntur yang terpercaya, professional dan memiliki kredibilitas tinggi. Kunjungi kliniktulangbelakang.com untuk informasi lebih lanjut mengenai akupuntur.