Pengertian Suaka Margasatwa Dan Cagar Alam

Kita seharusnya patut bersyukur karena di negara Indonesia tercinta ini di anugerah kekayaan alam yang sangat luar biasa melimpah. Ntah iku kekayaan alam, hewan, tumbuhan dan lainnya. Maka dari itu kita harus selalu menjaga alam kita supaya bersih dan ekosistem yang ada hidup secara normal.

Karena jika kita tidak menjaga lingkungan di sekitar kita, maka bisa jadi habitat tempat tinggal hewan menjadi rusak dan hilang. Misalnya manusia sering menebang pohon dihutan secara berlebihan maka hal tersebut bisa merusak habitat alami hewan di sekitar situ.

Jika hewan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan di hutan maka hal tersebut bisa menjadikan hewan kelaparan kemudian mati dan lama kelamaan akan menjadi punah.

Nah untuk pengertian suaka margasatwa dan cagar alam itu apa sih? Yuk langsung saja simak penjelasan saya di bawah ini mengenai pengertian cagar alam dan suaka margasatwa yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

cagar alam

Pengertian Suaka Margasatwa Dan Cagar Alam

Mungkin bagi kamu tidak asing dengan kedua nama tersebut. Alasanya adalah suaka margasatwa dan cagar alam sendiri banyak ditemui di Indonesia sebagai salah satu objek wisata tentang mengenai lingkungan hutan, hewan dan tumbuhan yang sangat cocok sebagai tempat piknik ataupun edukasi bagi anak anak dan remaja.

BACA JUGA  Bahan Pakaian Ramah Lingkungan, Tidak Perlu Sering Dicuci Tapi Tetap Keren Saat Dipakai

Suaka margasatwa adalah tempat dimana untuk melindungi berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang hampir punah di Indonesia. Berikut beberapa suaka margasatwa yang ada di Indonesia :

  • Suaka margasatwa ujung kulon
  • Suaka margasatwa pulau komodo
  • Suaka margasatwa pulau baun
  • Suaka margasatwa gunung leuser

Sedangkan untuk cagar alam sendiri adalah tempat dimana hewan atau tumbuhan dibiarkan hidup dan berkembang biak secara alami. Namun cagar alam sendiri dapat digunakan sebagai objek tempat wisata, akan tetapi wisatawan harus mematuhi peraturan yang cukup ketat supaya bisa masuk ke cagar alam tersebut.

Tujuan untuk cagar alam adalah supaya hewan tidak mengalami kepunahan dan tidak bentrok dengan lingkungan manusia. Karena sering kali kita lihat manusia dan hewan mengalami masalah, misalnya tempat tinggal hewan yang diubah menjadi pabrik atau gedung bertingkat.

Sehingga hewan sendiri mengalami kebingungan mencari tempat tinggal dan kemudian terpaksa harus pergi ke lingkungan manusia untuk mencari makan dan tempat tinggal, sehingga manusia memburunya karena telah mengganggu lingkungannya padahal itu juga disebabkan oleh rakusnya sifat manusia yang telah mengubah tempat tinggal hewan tersebut menjadi pabrik atau gedung.

Berikut beberapa cagar alam yang ada di Indonesia :

  • Cagar alam gunung Krakatau
  • Cagar alam lubuk gajah
  • Cagar alam gunung butak
  • Cagar alam teluk baron
  • Cagar alam tengkoko
BACA JUGA  Bahan Pakaian Ramah Lingkungan, Tidak Perlu Sering Dicuci Tapi Tetap Keren Saat Dipakai

Nah itu dia penjelesan singkat saya mengenai pengertian cagar alam dan suaka margasatwa semoga informasi yang kami berikan ini berguna bagi kamu dan menambah pengetahuanmu.