Pengertian Renang Beserta dengan Manfaatnya

Kali ini saya akan mengulas tentang mengenai renang. Pada pembahasan kali ini saya kan membahas mengenai pengertian renang, macam-macam gaya renang beserta dengan manfaatnya. Yang mana pada pembahasan ini akan dibahas secara singkat dan mudah untuk dimengarti.

 

Pengertian Renang

Renang merupakan termasuk dari cabang olahraga. Renang sendiri termasuk dalam aktivitas yang dipelajari pada mata pelajaran olahraga yang ada di sekolah. Renang yaitu jenis olahraga dalam air yang mana olahraga ini sangat menyehatkan untuk tubuh.

Aktivitas renang termasuk dalam salah satu kegiatan yang sangat digemari dan banyak dipilih oleh kebanyakan orang yang digunakan sebagai kegiatan menyehatkan tubuh secara rutin. Hal ini disebabkan ketika kita sedang berenang seluruh anggota tubuh kita akan ikut bergerak.

Beberapa orang juga beranggapan bahwa dengan melakukan olahraga renang akan membantu untuk memperoleh tinggi ideal bagi tubuh seseorang. Renang juga bisa menjadi olahraga yang kompleks bagi kesehatan pada seluruh tubuh. Yang mana pada kegiatan renang juga tidak sembarangan untuk melakukan tekniknya. Sebelum melakukan aktivitas renang, kita harus paham serta harus menguasai teknik-tekniknya.

 

Macam Macam Gaya Renang

Berikut ini merupakan beberapa macam dari gaya renang diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Gaya Dada
  • Gaya Bebas
  • Gaya Kupu Kupu
  • Gaya Punggung
  • Gaya Anjing
  • Gaya Samping
BACA JUGA  KKN: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi

Manfaat Renang

  1. Sebagai tempat untuk bermain maupun sebagai tempat rekreasi. Kolam renang sendiri bisa dipakai sebagai sarana untuk bermain dan juga sebagai rekreasi.
  2. Berenang juga dapat menyehatkan badan atau bisa sebagai merangsang gerakan motorik.
  3. Berenang juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menghilangkan rasa takut pada air. Dengan berenang ini bisa membantu untuk menghilangkan rasa takut pada air.
  4. Tak hanya itu berolahraga renang juga dapat meningkatkan keberanian, dapat meningkatkan percaya diri serta dapat mengasah kemandirian.
  5. Olah raga renang juga bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial. Olahraga renang sendiri sering dilakukan secara bersamaan dan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan.

 

Itulah penjelasan mengenai olahraga renang yang dibahas secara singkat dari saya, Terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/