Mudah, Inilah 2 Cara Download Gambar di Instagram di HP

Berbagai konten menarik yang dibagikan oleh para pengguna Instagram memang sering membuat orang untuk menyimpan konten tersebut. Sayangnya, hal tersebut tidak diperbolehkan dengan tidak adanya opsi mengunduh konten di aplikasi Instagram.

Anda yang merasa melihat konten gambar maupun video yang menarik, menghibur ataupun inspiratif tidak bisa menyimpannya. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mendokumentasikan konten tersebut.

Pilihan Cara Download Gambar Di Instagram Dari Handphone

Cara Download Gambar di Instagram di HP

Instagram yang lebih populer di kalangan anak muda memang menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding media sosial lain. Fitur dan tampilan aplikasi ini sendiri memang lebih cocok dengan selera anak-anak muda, lengkap dengan konten yang juga relevan.

Inilah alasannya mengapa banyak pengembang aplikasi dan layanan berusaha menjawab keinginan para pengguna media sosial yang ingin menyimpan konten yang dibagikan oleh pengguna, salah satunya di Instagram.

Orang ingin menyimpan gambar maupun video sendiri pastinya juga beralasan. Selain untuk dokumentasi pribadi, misalnya sedang mengumpulkan konten tertentu untuk melengkapi portofolio, untuk keperluan marketing, sebagai bahan inspirasi atau bahkan sekedar hiburan untuk dibagikan, berbagai cara dicoba agar konten tersebut bisa disimpan. Mulai dari menawarkan aplikasi pengunduh konten media sosial khusus hingga aplikasi berbasis web dengan fungsi yang identik.

Menyimpan konten pengguna Instagram inipun bisa dilakukan dari HP maupun dari komputer.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik

Ya, pengguna bisa mempraktikkan cara download gambar di Instagram di HP maupun komputer. Jika pada umumnya orang mengakses Instagram dari HP, ada pula yang menggunakan komputer karena memiliki tujuan tertentu seperti mengumpulkan konten secara lebih intensif, misalnya.

Selain halnya melalui HP dan komputer, cara yang bisa Anda coba sendiri masing-masing terbagi menjadi 2 pilihan yaitu menggunakan aplikasi yang diinstal langsung di perangkat dan menggunakan layanan aplikasi downloader berbasis web.

Untuk pilihan cara pertama bisa Anda gunakan apabila Anda memang sering mengunduh konten dari media sosial, sementara cara kedua mungkin lebih ideal bagi pengguna yang hanya sesekali melakukan pengunduhan konten atau memiliki perangkat dengan spesifikasi terbatas.

Download Gambar Instagram di HP Via DownloadGram

Menggunakan pilihan cara pertama, Anda tidak perlu menginstal aplikasi pengunduh khusus, melainkan menggunakan layanan aplikasi web yang cukup populer yaitu DownloadGram.

Untuk Download Video IG Tanpa Apk, BACA DI SINI

Cara menggunakan software berbasis website ini sendiri juga terbilang cukup mudah, dimana Anda bisa tetap melakukan scrolling di IG seperti biasa.

Setelah menemukan gambar yang dirasa menarik atau ingin disimpan, silakan tekan ikon "Opsi" atau options berupa 3-titik yang berada di bagian atas gambar lalu tekan "Copy Link" untuk menyalin URL konten tersebut.

Setelah itu, buka website DownloadGram dari browser HP. Kemudian "Paste" atau tempel URL yang disalin tadi ke kolom yang telah tersedia di situs tersebut diikuti klik "Download" dan "Download Image" untuk memulai proses unduh. 

BACA JUGA  Cara Transfer Kuota Axis Dengan Mudah

FastSave for Instagram – Aplikasi Download Instagram Android dan iPhone

Pilihan cara kedua adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pengunduh konten dari media sosial ini bisa Anda temukan di Google Play Store ataupun Apple App Store. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah FastSave for Instagram.

Download dan instal app tersebut lalu buka untuk mengaktifkan fitur "FastSave Service" lalu langsung mengakses IG dari dalam app tersebut.

Klik "Open Instagram" lalu mulai scroll untuk mencari gambar yang diinginkan. Setelah sampai pada gambar yang dimaksud, klik "Opsi" atau options berupa 3-titik pada bagian atas gambar tersebut lalu klik "Copy Link" agar aplikasi memulai proses pengunduhan konten.

App secara otomatis mulai mendownload gambar yang Anda maksud.

Secara bawaan, kedua cara yang bisa Anda lakukan dari smartphone tersebut akan menyimpan hasil unduhan gambar di folder Download atau bisa langsung Anda lihat di galeri.

Anda mungkin tidak bisa melakukan banyak pengunduhan sekaligus menggunakan smartphone. Namun setidaknya, cara ini bisa menghemat waktu Anda saat tidak bisa mengakses komputer untuk mendownload banyak gambar sekaligus. Semoga bermanfaat.