Mengenal Apa itu SEO dan Fungsinya untuk Keberhasilan Website

Tahukah Anda jika Google memiliki search engine jika penggunanya memasukan keyword tertentu untuk mengakses website tertentu. Daftar website yang muncul sesuai keyword tersebut lah menunjukan bahwa peringkat mereka paling relevan dengan keyword Google. 

Google akan menampilkan hasil pencarian di halamannya dengan 6 sampai 10 website, tergantung dengan keyword yang cari dan banyaknya iklan. Selain itu ada faktor penting yang membuat sebuah website bisa muncul di halaman utama Google, yakni optimasi SEO pada website. 

Semakin bagus SEO sebuah website maka akan semakin baik pula peringkatnya di Search Engine Result Page (SERP). Jadi Google tidak secara acak menampilkan hasil pencarian pada keyword tertentu, melainkan berdasarkan faktor SEO yang akan mempengaruhi peringkat website untuk muncul di halaman pertama Google.

Itulah sebabnya faktor SEO menjadi penting karena sebagian pengguna Google akan cenderung memilih atau meng-klik website yang tampil di halaman utama Google. Jadi website Anda akan memiliki peluang besar untuk dikunjungi banyak orang berdasarkan keyword yang mereka cari. 

Dari kesaktian SEO pada Website tersebut, sebenarnya apa itu SEO? Apa Saja faktor yang membuat SEO semakin baik? Berikut ini penjelasan tentang apa itu SEO dan faktor-faktor yang berfungsi untuk keberhasilan sebuah website di SERP Google.   

 

Mengenal Apa itu SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan bentuk dari optimasi website untuk membuat website berada di peringkat teratas mesin pencari Google. Jika website tersebut berada di peringkat atas  maka akan memperoleh trafik website yang tinggi sesuai dengan tujuan pembuatan website tersebut.

BACA JUGA  Login Instagram dan Segala Masalah Teknisnya

Trafik yang tinggi inilah dapat memenuhi target website Anda untuk beberapa keperluan. Seperti branding bisnis Anda, meningkatkan kepercayaan, berbagai informasi, atau manfaat menghasilkan uang lainnya. 

Faktor-faktor SEO ini merupakan algoritma Google yang selalu update setiap hari untuk menentukan peringkat website. Itulah sebabnya Anda harus bersedia belajar SEO agar tetap bisa survive di SERP Google.  

 

Sejarah Adanya SEO

Sejarah kemunculan SEO dimulai sejak 26 Juli 1997 ketika ada pesan spam yang terpost di Usenet. Sejak saat itu algoritma mesin pencari mulai dikenal meskipun belum sekompleks sekarang dan masih mudah untuk dimanipulasi.  

Mudahnya memanipulasi kata kunci di mesin pencari itulah membuat Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa doktoral ilmu komputer Stamford University menciptakan Backrub. Backrub adalah mesin pencari sederhana dengan penghitung matematika “PageRank” untuk menentukan peringkat website di mesin pencari. Algoritma inilah yang menjadi sejarah adanya SEO pada Google hingga saat ini. 

 

Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO menggunakan algoritma robot sebagai penentu website untuk menempati posisi teratas di halaman utama pencarian Google. Metrik-metrik yang digunakan Google selalu membuat algoritma SEO website update sepanjang hari.

Alasan mengapa algoritma Google terus update karena menyesuaikan hasil pencarian Google se-akurat dan se-relevan mungkin dengan kebutuhan penggunanya. Nah itulah sebabnya Anda perlu menggunakan teknik-teknik SEO yang benar agar tidak terpengaruh oleh update algoritma Google. 

BACA JUGA  Manfaat dan Jenis SEO

 

Indikator SEO

Berikut ini indikator standar SEO yang bisa Anda gunakan untuk bersaing di SERP halaman utama Google. 

1. Struktur URL

Struktur URL untuk memperbaiki SEO adalah dibuat pendek sesuai topik yang dibahas. 

2. Sertifikat SSL

SSL dapat melindungi website agar lebih aman untuk semua komunikasi yang terjadi di dalam website.

3. Konten

Konten adalah penentu SEO yang baik, yakni dengan materi yang lengkap, enak dibaca, dan to the point. 

4. Search Intent

Search intent harus sesuai kebutuhan pengguna.

5. Internal Link

Interlink merupakan tautan link artikel lain dalam satu website yang berfungsi untuk indexing halaman yang ada di website.

6. Alt Image

Alt image dapat dilakukan untuk memberi nama gambar yang berfungsi untuk Google meng-indexing gambar.

7. Meta

Disinilah Anda bisa menargetkan keyword juga deskripsi singkat tentang konten di SERP Google.

8. Backlink

Backlink harus dibuat berkualitas dan relevan mungkin dengan konten yang dibuat. 

9. Kecepatan Website

Kecepatan website Anda juga diperhatikan agar fungsi Seo berjalan dengan baik.

 

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu SEO, mulai dari sejarah, cara kerja, sampai indikator SEO yang penting untuk website. Anda pasti ingin website Anda muncul di halaman utama pencarian Google bukan? Maka SEO bisa menjadi cara Anda untuk menempuh itu. Anda juga bisa menggunakan Jasa SEO Semarang untuk mengoptimalkan kinerja website Anda.