Manfaat dan Jenis SEO

Berikut ini beberapa manfaat dan tujuan penerapan SEO dalam sebuah website:
1. Menempatkan website di posisi teratas di mesin pencari.
2. Mendapatkan trafik atau lalu lintas pengunjung. 
3. Mendapatkan pengunjung baru yang membutuhkan informasi yang disajikan website.
4. Meningkatkan popularitas website sehingga semakin populer website Anda, maka website Anda akan semakin dikenal orang.
5. Meningkatkan durasi kunjungan para pengguna internet di website Anda.


Jenis-Jenis Optimasi SEO
Ada 2 jenis optimasi SEO yang dapat membuat website Anda semakin optimal, jenis lainnya dapat anda pelajari di belajardm.com

• SEO On Page
SEO on page merupakan langkah optimasi yang dilakukan di situs website agar website memenuhi kriteria SEO yang baik. Yang termasuk langkah-langkah SEO on page diantaranya:
– Struktur dan isi konten
– Meta deskripsi di halaman utama
– URL atau permalink
– Heading
– Kategori dan sub kategori
– Image dan image slider
– Mengoptimalkan kecepatan website
– Internal linking.
Penerapan langkah-langkah SEO seperti di atas sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Jika Anda melakukan beberapa langkah SEO secara berlebihan, Anda bisa melanggar ketentuan algoritma Google yang akan memberikan dampak negatif pada situs Anda. Misalnya, situs Anda terkena pinalti sehingga tidak ditampilkan Google, peringkatnya turun, atau bahkan situs Anda bisa di-banned oleh Google. 

BACA JUGA  Jenis - Jenis Ekstensi Gambar

• SEO Off Page
SEO off page merupakan langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website. Ada banyak faktor di luar website yang mempengaruhi SEO. Salah satu yang paling umum adalah backlink atau tautan balik. Backlink dapat berpengaruh pada ranking website Anda. Bagaimana caranya?

Caranya yaitu membangun backlink dari website tertentu ke website Anda. Makin banyak situs-situs yang merujuk ke situs Anda, maka situs Anda akan semakin populer. SEO off page dengan cara ini bisa menaikkan peringkat website Anda karena website Anda dinilai sebagai website yang berkualitas dan kredibel. 

Para pemilik website ataupun blog sebaiknya mengetahui apa itu SEO dan mempelajari teknik-teknik SEO. Nah bagaimana jika website tidak menerapkan SEO? Apakah website tersebut bisa berada di pencarian teratas Google?

Website yang tidak dioptimasi dengan SEO bisa berada di halaman pencarian teratas Google jika menggunakan iklan (ads), iklan berbayar (paids ads), iklan PPC (pay per click), atau iklan CPC (cost per click). Namun, jika ingin menggunakan iklan tentu membutuhkan biaya iklan. Jika anggaran iklan Anda telah habis, maka situs website Anda akan berhenti tayang di halaman pertama pencarian Google di bagian iklan. 

BACA JUGA  Tutorial Instagram Sederhana untuk Pemula

Kedua cara pengoptimalan situs dengan SEO ataupun dengan Ads memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menggunakan cara yang sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki.