Langkah Menggunakan Laptop Bagi Pemula Baru Kenal Gadget Kekinian

Bagi yang punya mobilitas tinggi memiliki laptop sangat perlu sekali. Perangkat portable yang bisa dipakai dan dibawa kemana mana untuk keperluan banyak hal mulai dari pekerjaan atau hanya sekedar hiburan semata.

Untuk harganya pun sekarang ini sudah sangat terjangkau dan cara pembayarannya pun banyak caranya bisa cash atau kredit. Makanya tidak perlu kaget kalau semakin hari laptop kian jadi primadona. 

Untuk yang baru mengenal laptop pastinya akan merasa bingung apa saja yang harus dilakukan. Namun dengan semangat mencoba dan mau belajar pasti lambat laun akan tahu juga detailnya.

Lalu bagaimana sih cara menggunakan secara benar?? Mengutip dari situs servicekomputerpanggilantangerang.com, akan kita bahas secara lengkap.

1. Kenalan dulu sama laptopnya

Sebelum bercengkrama dengan laptop yang baru pastinya harus mengenal terlebih dahulu. Untuk itu bisa baca buku manual. Disana akan banyak informasi mengenai letak power, baterai, membuka layar, lubang charger, dvd room hingga slot usb.

Jangan sampai lupa memasang baterai terlebih dahulu, Sebelum menyalakan dan usahakan baterai dalam keadaan penuh. 

2. Letakkan secara benar

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan meletakkan di tempat yang benar. Banyak sekali yang tidak memperhatikan hal kecil ini sehingga laptopnya cepat sekali rusak. Sebenarnya saat meletakkan ini bisa dimana saja, hanya saja tempatnya harus rata dan solid seperti meja. Jangan sekali – kali meletakkannya di atas kain lembut seperti kasur atau bantal sebab panas yang ada nanti tidak bisa terbuang dengan maksimal. Selain itu hindari alas yang banyak debu dan lembab.

BACA JUGA  Tips Memperoleh Paket Aqiqah Laki-Laki Harga Murah Berkualitas

3. Buka layar dengan benar

Angkat atau buka layar sampai mendapatkan posisi yang nyaman. Namun ada baiknya cek terlebih dahulu apa ada pengunci layar tidak?? Bila ada maka harus di buka dan bila tak ada maka bisa langsung di buka. Lakukan secara perlahan saja jangan sampai membuka secara cepat karena bisa saja malahan terlaku bertenaga bisa mengakibatkan engsel patah.

4. Hidupkan segera

Setelah membuka layar secara nyaman dan tepat, maka selanjutnya adalah dengan menekan tombol power. Tombol power setiap laptop itu bisa beda – beda tempatnya, umumnya ada di dekat engsel monitor tersebut. Terkadang ada di sebelah depan kiri atau kanan, kadang di tengah dan kadang malahan ada di engsel sebelah kanan atau kiri. Tidak akan susah menemukan umumnya memiliki bentuk atau tanda yang mencolok. Tekan saja maka akan ada lampu yang menyala di sekitar tombol itu.

5. Proses booting

Bila sudah terinstall sistem OS nya, setelah ditekan tombol powernya, kita hanya perlu menunggu beberapa waktu saja. Tampilan yang ada disaat ini mulai dari logo windows, loading windows hingga akhirnya selesai. 

Berapa lama waktunya?? Tiap laptop bisa beda – beda tergantung spesifikasinya. Namun umumnya bila laptop masih baru tak akan lama, hanya memerlukan waktu tidak sampai 1 menitan.

BACA JUGA  Mau Buat Bunga Papan Sendiri atau Pesan?

6. Pakai Trackpad Dan Keyboard

Bila sudah menyala laptopnya maka bisa langsung memakai trackpad Dan keyboard. Trackpad ini bisa dikatakan sebagai pengganti mouse dan keyboard sama pada umumnya untuk memasukkan perintah atau mengetik. Bila tak suka memakai Trackpad bisa memakai mouse. 

7. Install aplikasi

Setelah menghidupkan laptop tidak serta merta kita bisa menggunakan semau kita misalkan mau mengetik, membuat video atau main game. Hal itu tidak bisa langsung dilakukan. Diperlukan tambahan aplikasi pihak ke3. Misalkan microsoft office, chrome, photoshop, video movie maker, dll. Install dan sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda saja. 

8. Install driver

Pastikan tidak ketinggalan menginstall driver laptop tersebut. Driver ini gunanya untuk menjalankan komponen yang ada. Misalkan saja soundcard. Bila driver belum terpasang maka ketika ada input tidak akan keluar suara. Seringnya driver ini diberikan ketika membeli sebuah laptop dan diletakkan dalam sebuah kepingan DVD. 

Sudah siap semua baru bisa memakai dengan nyaman.

Namun ada kalanya pemula masih bingung maka agar proses semua berjalan dengan baik maka anda bisa mencari service laptop terbaik di jakarta. Para teknisi akan memberi pengarahan kepada anda yang masih awam bagaimana menggunakan sebuah laptop dengan baik. Sehingga lambat laun akan terbiasa memakainya.