Langkah-langkah Membuat Jurnal ilmiah

Langkah-langkah di dalam pembuatan jurnal ilmiah merupakan suatu hal yang mudah namun oleh sebagian orang ada juga menyebutkan bahwa membuat jurnal ilmiah itu suatu hal yang sangat sulit. Jadi di dalam pembuatan jurnal ilmiah kita harus banyak-banyak belajar menulis artikel ilmiah agar kita terbiasa menulis karya ilmiah.

Menulis jurnal di kalangan akademik seperti dosen ataupun mahasiswa sifatnya sangatlah penting, karena jurnal bisa dijadikan sebagai syarat utama seperti syarat kenaikan pangkat, syarat sidang skripsi, penilaian kinerja, dan masih banyak lagi.

Namun masih banyak diantara kita yang masih merasa kesulitan dalam proses pembuatan jurnal, karena dalam pembuatan jurnal kita harus berpatokan pada kaidah ataupun aturan yang berbeda-beda setiap jurnal yang membuat kita sebagai peneliti pemula merasa kebingungan. Jadi kali ini saya akan berbagi informasi mengenai langkah-langkah membuat jurnal ilmiah sesuai prosedur yang diinginkan penerbit.

Susunan Jurnal Baik dan Benar

1. Judul

Setiap jurnal ilmiah diharuskan memiliki judul yang jelas sesuai dengan pembahasan yang ada. Jadi judul harus dibuat sesuai keseluruhan dari jurnal. Membuat judul tidak boleh bermakna ganda. Dan disarankan tidak menggunakan 12 kata untuk jurnal indonesia dan tidak boleh lebih dari 10 kata untuk jurnal English. Judul ditulis dengan huruf kapital dan di bold setelah itu letakan judul di bagian tengah halaman.

2. Nama

Nama disini yaitu nama dari si penulis. Biasanya dalam penulisan nama tidak dicantumkan gelar dibelakangnya. Tetapi diharuskan untuk mencantumkan nama lembaga seperti nama prodi, nama fakultas dan juga nama universitas, serta masukan juga alamat email kalian dibagian nama ini.

3. Abstrak

Isi dari abstrak tidak sama dengan ringkasan, karena fungsi dari abstrak itu sebagai cernaan dari isi jurnal secara singkat yang akan menjadi penjelas tanpa melihat seluruh isi jurnal. Abstrak harus disajikan kurang lebih 250 kata yang didalamnya merangkum tujuan, metode, hasil & kesimpulan.

4. Kata Kunci

Kata kunci biasanya terdiri 3 – 5 kata, kata ini diambil dari pembahasan inti sebuah jurnal.

5. Pendahuluan

Isi dari pendahuluan yaitu latar belakang dari penelitian seperti alasan penelitian dilakukan, penjelasan uraian permasalahan, kaitan teori, dan biasanya diakhiri menggunakan tujuan dari pelaksanaan penelitian tersebut.

6. Metode Penelitian

Pada metode penelitian menjelaskan desain percobaan, metode pengumpulan data, peralatan & jenis pengendalian.

7. Hasil dan Pembahasan

Pada hasil dan pembahasan biasannya membandingkan hasil dari penelitian dengan menggunakan model/ teori yang dipakai, dan menghubungkan dari hasil penelitian kalian dengan penelitian sebelumnya, dengan memperlihatkan persamaan dan perbedaan dari penelitian itu.

8. Kesimpulan

Pada kesimpulan ditulis pembuktian hipotesis dari sebuah penelitian, biasanya ditulis ringkas memuat informasi yang lengkap sehingga pembaca akan memahami bahwa jurnal itu sudah membuktikan hipotesis yang sudah dilakukan sehingga pembaca mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode itu.

9. Daftar Pustaka

Daftar pustaka pada sebuah jurnal ilmiah biasanya ditulis secara langsung pada halaman terakhir. Tetapi penulisan daftar pustaka pada buku, ataupun penelitian harus ditulis di halaman baru atau di kertas baru.

 

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai   Langkah-langkah Membuat Jurnal ilmiah yang dimulai dari judul, nama, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan yang terakhir daftar pustaka. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam proses pembuatan jurnal atau karya ilmiah.

 

Baca Juga: Cara Buat Footnote dari Jurnal