KKN: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi

KKN adalah kependekan dari Kuliah Kerja Nyata yang merupakan kegiatan praktek mahasiswa di akhir semester. Umumnya KKN ini dilakukan secara berkelompok dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dan ikut melaksanakan kegiatan sosial. Bisa dikatakan bahwa KKN ini bukan sebagai program kuliah semata namun juga ikut bersosialisasi serta mengabdi pada masyarakat.

Tujuan KKN

  1. Mampu bekerja secara tim dan interdisipliner dalam mempraktekkan IPTEK
  2. Membangkitkan rasa peduli dan empati terhadap masyarakat serta lingkungan
  3. Menumbuhkan nilai kepribadian yang baik
  4. Ikut berkontribusi secara aktif dalam masyarakat baik kegiatan maupun memecahkan masalah
  5. Sebagai bentuk peningkatan identitas institusi dan menjadi ajang promosi

 

Manfaat KKN

  • Menjadi pribadi yang mandiri

KKN menjadi program tepat khususnya bagi mahasiswa yang masih bergantung kepada orang lain. Dengan KKN ini setiap mahasiswa diharapkan mampu menyiapkan segala kebutuhan sendiri dan hanya mengandalkan diri sendiri.

 

  • Mampu bekerjasama

Selain mandiri, KKN juga mampu melatih team work yang baik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, KKN adalah program yang dilakukan berkelompok dalam satu periode.

 

  • Peduli terhadap lingkungan sekitar

Saat KKN kamu akan terjun langsung dan hidup bersama masyarakat sekitar. Otomatis mau atau tidak kamu harus peduli dengan tempat tinggal dan berbaur dengan masyarakat setempat. Bisa dikatakan KKN ini bentuk kerja sama antara perguruan tinggi dan masyarakat.

BACA JUGA  Ketahui Jurusan Kuliah Terfavorit di Kampus Ternama

 

Saat KKN mahasiswa tidak pernah luput dari almamater sebagai identitasnya. Kamu juga bisa membuat jas almamater di https://konvensi.co/ yang merupakan jasa konveksi terbaik di Indonesia.

 

Fungsi KKN

Adapun fungsi dari KKN ini adalah mampu mengoptimalkan tujuan perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang peduli terhadap masyarakat dan mampu memecahkan masalah atau solusi dengan berfikir secara komprehensif. Jadi lulusan universitas tersebut bukan hanya memiliki ilmu, tetapi juga mentalitas yang baik.

 

Jadi itulah informasi mengenai KKN adalah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata dan merupakan program perguruan tinggi untuk menghasilkan sarjana yang mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Bukan hanya sekedar program untuk mendapatkan nilai, KKN ini memiliki tujuan, manfaat dan fungsi yang jelas.