Kerupuk Singkong Parut, Cemilan yang Enak dan Banyak Manfaatnya

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep dan cara membuat kerupuk singkong parut yang enak dengan mudah. Tapi, tahukah kamu apa itu singkong dan apa saja manfaatnya?

 

Singkong

Ketela pohon atau ubi kayu, atau singkong merupakan perdu tahunan tropika dan juga subtropika dari keluarga  Euphorbiaceae. Umbinya telah dikenal luas sebagai olahan makanan pokok dan penghasil karbohidrat serta daunnya sebagai olahan sayuran.

Resep Membuat Kerupuk Singkong Parut

Bahan-bahan

  • Siapkan 1 kg singkong parut
  • Garam dapur secukupnya
  • 200 gr tepung tapioka
  • Siapkan plastik lontong
  • Pewarna makanan merah

Cara Membuat

  1. Singkong dikupas dan dicuci bersih lalu diparut memakai mesin keripik singkong, tiriskan supaya kandungan airnya berkurang. Tambahkan garam dapur, tepung tapioka dan aduk rata. Masukkan kedalam plastik lontong dan ikat bagian ujungnya. Bisa juga dibentuk bulat lonjong dengan ukuran sedang. Lakukan sampai adonan habis lalu dikukus, hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  2. Larutkanlah pewarna Makanan di piring dengan beberapa tetes air aduk rata.
  3. Setelah sudah dingin bukalah plastik pembungkus dari parutan singkong. Kemudian dimasukkan dalam pewarna Makanan, gulingkan sampai merata di permukaannya. Keringkan seharian atau disimpan dalam kulkas.
  4. Potong tipis memakai pisau tajam adonan Kerupuknya. Jemur hingga kering dibawah sinar matahari.
  5. Goreng menggunakan deep fryer dan kerupuk siap dihidangkan.
BACA JUGA  Cara Membuat Keripik Singkong Kriuk Abis, Bermanfaat dan Mudah Dibuat

 

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang didapatkan ketika mengkonsumsi singkong adalah menurunkan berat badan. Ini karena singkong mengandung serat pangan dan karbohidrat kompleks yang membuat perut bisa menahan lapar lebih lama.

Selain menurunkan berat badan, kandungan dari karbohidrat kompleksnya dan serat yang ada di singkong juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengurangi peradangan, mengendalikan kadar gula darah. Dengan terkendalinya kadar gula darah , risiko terjadi diabetes tipe 2 serta obesitas akan lebih rendah. 

2. Menambah Energi

Dalam singkong terkandung kalori yang cukup tinggi. Pasalnya, di dalam 100 gr singkong terkandung 150 kalori. Jumlah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kalori pada umbi lain, seperti kentang dan juga ubi.

Tidak ada salahnya jika mengonsumsi singkong agar mendapatkan energi tambahan. Selain meningkatkan energi, singkong juga ampuh untuk menahan rasa lapar. Untuk mendapatkan manfaat dari singkong yang satu ini, kamu dapat memasaknya dengan cara direbus atau menggoreng singkong.

3. Mengandung Antioksidan

Bagi sebagian orang akan asing dengan manfaat singkong yang ini. Jika makanan pokok zaman Belanda ini berkhasiat untuk merawat kesehatan kulit. Ini karena singkong memiliki antioksidan yang berguna untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mencegah penyakit jantung, sampai mengatasi kerutan pada kulit.

BACA JUGA  Jenis-Jenis Kemasan Supernovadigipack

Antioksidan yang di dalam singkong didapat dari kandungan vit C, vit A, dan beta-karoten yang terkandung didalamnya. Jadi, tak ada salahnya bila kamu ngemil singkong untuk mendapat manfaat baik dari kandungan didalamnya.

4. Meminimalisir Penyakit Jantung

Manfaat singkong selanjutnya bisa dirasakan untuk kesehatan jantung. Kandungan serat yang ada di dalam singkong, dipercaya dapat meminimalisir terjadinya jantung koroner,  penyakit berbahaya lain seperti stroke serta tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Kentucky, di Amerika Serikat pada thn 2009 silam.

 

Itulah pembahasan kali ini mengenai resep kerupuk singkong parut dan manfaatnya. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya.