Kenali Tanda Septic Tank Penuh agar Bisa Diatasi Lebih Cepat

Bagian penting yang selalu ada pada sistem pembuangan adalah septic tank. Di sinilah kotran ditampung untuk sementara sebelum dibuang melalui bantuan jasa sedot WC. Meski demikian, belum banyak masyarakat yang memahami tanda septic tank penuh. Padahal tanda ini mudah ditemukan dan bisa dideteksi dari awal. Inilah beberapa tanda bahwa septic tank mulai penuh agar bisa segera diatasi:

 

1. Air di Mangkuk Toilet Menyusut

Mangkuk toilet adalah bagian yang paling terlihat, sehingga bisa dijadikan salah satu patokan untuk mendeteksi kondisi septic tank. Ciri utama yang menandakan penuhnya septic tank adalah penyusutan genangan air yang ada di mangkuk toilet. Septic tank yang normal airnya teratur, sedangkan bila jumlahnya menyusut berarti ada masalah.

Cara untuk memastikannya yaitu menyiram kloset memakai seember air. Perhatikan apakah ada perubahan di genangan airnya. Apabila air menyusut perlahan, berarti septic tank telah penuh. Solusinya adalah memanggil jasa penyedot WC karena hal ini tidak bisa diatasi sendiri.

septic tank

2. Aroma Tidak Sedap

Tercium bau tidak sedap bahkan busuk dari toilet, padahal tidak ada yang buang air? Hal ini merupakan salah satu tanda septic tank penuh. Septic tank dilengkapi pipa yang berfungsi sebagai saluran untuk ventilasi udara. Saluran ini dapat memasukkan oksigen dan mengeluarkan limbah menjadi bentuk gas.

BACA JUGA  Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri Secara Detail dan Sederhana

Wajar jika saluran ini mengeluarkan bau, namun jika baunya sangat menyengat daripada biasanya berarti salurannya mulai penuh. Isi septic tank telah penuh sehingga baunya keluar dari saluran tersebut. Segera atasi dengan memanggil tukang sedot WC agar tidak merusak septic tank.

3. Ada Kotoran yang Muncul di Kloset

Ada kondisi ketika tiba-tiba kotoran (misalnya tinja) muncul di air kloset secara tiba-tiba meski belum ada yang memakai toiletnya. Hal ini bisa berarti septic tank mulai penuh. Penuhnya septic tank menyebabkan kotoran tidak bisa ditampung dengan baik di saluran pembuangan. Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah memakai jasa sedot WC, namun ada alternatif yang lebih ramah lingkungan yaitu produk septic tank bernama Biorich.

Septic tank dari Surya Fibertek berjenis Biorich merupakan septic tank yang dirancang khusus, karena bersifat ramah lingkungan. Di dalamnya terdapat media untuk mengurai dan menyaring tinja dan dilengkapi desinfektan. Fungsinya adalah menjernihkan air, sehingga bisa dibuang menuju saluran umum dengan aman. Produk ini bisa didapatkan melalui https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/.

4. Saluran Air Menjadi Lebih Lambat

Tanda septic tank penuh selanjutnya adalah pergerakan saluran air yang lebih lambat daripada biasanya. Meski sudah dilakukan beberapa upaya seperti menyiramnya dengan air panas maupun soda api tetapi saluran masih belum lancar, bisa jadi septic tank-nya sudah penuh. Hal ini bisa dipastikan dengan pemeriksaan lebih lanjut, namun jika masih gagal bisa segera diserahkan pada ahlinya untuk ditangani.

BACA JUGA  Cara Memilih Rumah Depok yang Terbaik Untuk Keluarga

5. Aliran Air Tidak Lancar Saat Mengisi

Setelah menyiram WC, biasanya air akan terisi lagi secara otomatis. Masalahnya, aliran air bisa saja terhambat sehingga pengisiannya tidak dapat penuh atau justru mengalir keluar terus menerus. Hal ini merupakan penanda adanya masalah pada septic tank. Saat bagian ini penuh, kondisi air ikut terganggu sehingga alirannya menjadi tidak teratur.

 

Itulah beberapa tanda septic tank penuh yang perlu diketahui. Semua saluran tentu memiliki batas, sehingga bisa penuh saat terisi terus menerus. Apabila kelima ciri tersebut sudah mulai terasa, segera panggil jasa untuk menyedot WC agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Perawatan septic tank sangat penting untuk diperhatikan, agar pengolahan limbah juga lebih lancar.