Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fast Charging

Semakin meningkatnya penggunaan gadget pada kehidupan sehari-hari manusia, maka charger dengan pengisian daya yang cepat dan efisien semakin dibutuhkan pula. 

Kabel fast charging vention memiliki banyak sekali manfaat, namun, di samping itu, ternyata juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Di pasaran, kabel ini banyak dijual dengan bandrol dan type yang berbeda-beda. 

Kabel ini sekilas tidak banyak memiliki perbedaan dengan kabel charging biasa. Tetapi, kondimen di dalamnya lah yang membedakan cara kerja pada keduanya. Secara garis besar, terdapat 2 hal yang membedakan kedua kabel tersebut. 

Bahan logam kabel dan diameter menjadi pembedanya. Pada fast charging, terdapat 4 kabel yang berwarna hitam, hijau, merah, dan putih. Kabel dengan warna putih dan hijau memiliki peran sebagai penghantar sinyal data, sedangkan warna hitam dan merah, berfungsi sebagai penghantar sinyal listrik.

Sedangkan pada kabel biasa, memiliki ukuran kabel 28 dengan diameter 0,3mm disbanding fast charging yang memiliki ukuran 24 dengan diameter 0,5mm. Pengaruh kabel data, terletak pada proses penghantaran sinyal elektrik. 

Kelebihan kabel fast charging

1. Sebagai pengganti jika kabel data Anda rusak

Jika Anda memiliki kabel data yang sudah rusak, maka Anda bisa menggantinya dengan kabel data yang baru. Apalagi dengan menggunakan kabel yang bersifat fast charging. Kabel ini akan mengisi daya lebih cepat dari kabel biasa.

BACA JUGA  Daftar HP RAM 4GB dengan Harga di bawah 1 Jutaan

2. Mempercepat pengisian daya

Seperti arti namanya dari istilah ‘fast charging’ yang berarti charger cepat, pengisian daya menggunakan kabel ini tidak memerlukan banyak waktu. Untuk Anda yang pekerjaannya tak jauh-jauh dari penggunaan gadget, Anda bisa mencobanya. Tak hanya itu, dari semua kalangan pun sangat dianjurkan untuk menggunakan kabel ini.

3. Menghemat Waktu

Semakin cepat pengisiannya, maka semakin singkat waktunya. Apalagi untuk orang-orang yang  sibuk, benda ini akan menjadi sangat bermanfaat bagi Anda. 

4. Lebih stabil dan efisien

Penggunaan kabel fast charging ini sangat efisien dari penggunaanya, sistem dan cara kerjanya, hingga ke minimalisir waktunya. 

 

Kekurangan kabel fast charging

Banyak dibilang fast charging tidak memiliki kekurangan, dan tidak memiliki dampak negatif untuk digunakan. Karena, pada dasarnya perangkat yang dapat menggunakan fast charging sudah dirancang sedemikian rupa agar aman apabila digunakan dan ketika pengisian baterai secara cepat dilakukan. Bagian perangkat yang dirancang melainkan dari charger itu sendiri, baterai perangkat dan perangkat itu sendiri.

Namun, orang menganggapnya bahwa fast charging ini memiliki dampak negatif. Itu karena ia menilai bahwa perangkat yang fast charger adalah prosesnya perangkat menjadi panas. Tenang, semua dampak pasti ada  pencegahannya. Pencegahannya yaitu dengan cara anda tidak memainkan hp saat memulai fast charger, serta letakkan hp pada tempat yang dingin contohnya lantai. 

BACA JUGA  Beberapa Keuntungan Menggunakan Smartphone Iphone

Setelah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari fast charging, jadi apa yang terjadi pada peningkatan suhu panas saat fast charging itu sendiri bekerja pada sebuah perangkat? Berikut penjelasannya:

Peningkatan Suhu Panas Saat Fast Charging Bekerja pada Perangkat

Kecepatan atau cepat lambatnya pengisian baterai sebuah perangkat dibilang tidak konstan, akan tetapi kecepatannya adalah cepat pada awal charger dilakukan dan lambat di akhir. Biasanya pada persentase baterai mulai dari 1% hingga 60% pengisian dilakukan secara cepat dan akan melambat sampai dengan persentase ke 80%. Dan akan semakin melambat hingga 100%.

Ini menyimpulkan bahwa baterai yang dicharge dengan cepat atau disebut fast charger akan merespon melalui peningkatan suhu pada perangkat tersebut. Ini biasa terjadi pada charger yang voltasenya lebih tinggi dibanding charger biasanya. Contohnya adalah seperti Qualcomm Quick Charge.

Jangan mainkan ponsel anda apabila dalam proses charger 1% sampai 60% atau hingga 80% karena ponsel akan mengalami peningkatan suhu. Jika persentase baterai sudah melebihi 80% maka peningkatan suhu sudah mulai kembali normal dan ponsel akan kembali dalam keadaan dingin. Jadi, aman untuk dimainkan.

Bagaimana? Tertarikkah anda untuk menggunakan fast charging? Untuk mendapatkan kabel fast charging berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di website resmi distributor Vention.