Jenis-jenis Alat Berat

Alat berat disini adalah mesin ukuran besar yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi seperti menggali tanah, dan memindahkan barang yang berat. Alat berat biasanya memiliki lima komponen yaitu implemen, struktur, alat traksi, sumber tenaga dan transmisi serta sistem kendali. Alat berat sudah ada dari zaman romawi.

Alat berat ini tidak hanya dalam konstruksi saja tetapi termasuk juga yang dipakai di pertanian juga truk pengangkut, dan lain – lain. Dalam teknik sipil alat berat ini digunakan untuk membantu membangun bangunan dan penggalian tanah. Alat berat ini adalah alat yang sangat penting di proyek terutama proyek yang besar.

Di sini kita akan menjelaskan tentang jenis alat – alat berat, seperti berikut ini:

Lihat juga : Jasa Pengadaan Alat Berat Lengkap di Medan

JENIS – JENIS ALAT BESAR

1. Excavator

Excavator adalah jenis alat berat yang digunakan untuk menggali tanah dan memindahkan tanah ke truk. Excavator sering disebut beko dan alat berat ini sering digunakan dan fungsinya beragam.

Fungsi yang lain bisa digunakan untuk meratakan tanah, memindahkan barang, penancapan pondasi, pengerukan sungai dan lain-lain.

2. Bulldozer

Bulldozer adalah jenis alat berat yang di gunakan untuk mengolah lahan. Jenis alat ini biasanya di gunakan untuk mendorong tanah hasil galian yang mendorong ke depan, samping dan dapat menimbun material.

BACA JUGA  Daftar Penyebab AC di Rumah Cepat Mengalami Kerusakan

Jenis bulldozer ini banyak sekali macam – macamnya seperti, swamp bulldozer yang digunakan untuk pekerjaan di rawa, wheel tractor dozer yang memiliki roda karet, crawler tractor dozer bulldozer ini menggunakan roda kelabang.

Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsinya | by Jeffrey Anthony Ansen |  Medium

3. Wheel Loader 

Wheel loader adalah jenis alat berat yang kegunaannya tidak jauh berbeda dari bulldozer yaitu memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain. Cara kerjanya adalah melakukan penggalian tanah lalu material tersebut diangkat. 

Apabila sudah penuh traktor akan mundur dan mengangkat materialnya lalu di pindahkan. Fungsi yang lain wheel loader dapat membersihkan lokasi pekerjaan, menggusur tanah, meratakan tanah, mengisi tanah, meratakan permukaan, menghaluskan permukaan 

4. Wales Stump

Wales stump adalah jenis alat berat yang digunakan untuk memadatkan tanah. Alat ini sering di gunakan di jalan raya. Alat ini disebut juga vibro roller. Ukuran alat ini beragam ada yang kecil sampai besar.

5. Crane 

Crane adalah jenis alat berat yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan material dari atas ke bawah atau kebalikannya. Crane biasa disebut dengan derek jangkung alat ini biasanya digunakan untuk proyek pembangunan gedung. 

Material yang ingin dipindahkan dari dasar ke lantai paling atas bisa menggunakan alat ini. Jenis alat ini bergerak secara vertikal dan horizontal. Macam – macam crane ada tower crane, mobile crane, crawler crane, hydraulic crane, overhead crane dan lain -lain.

BACA JUGA  Inilah Cara Mencari Tempat Service AC Jakarta Terpercaya

Nahh itu dia jenis – jenis alat besar dan masih banyak lagi jenis yang lain. Buat kalian yang penasaran apalagi jenis – jenis alat beratnya bisa tanyakan ke jasa sewa alat berat di medan di sana kalian juga bisa memesan alat berat yang kalian butuhkan.

terimakasih…. stay safe yaa