Jangan Panik, Berikut 4 Cara Anti Ribet Mengatasi Kolam Ikan yang Bocor

Suara gemericik air kolam menciptakan suasana menyejukkan dan tenang. Kehadiran sebuah kolam ikan juga  memperindah pemandangan. Namun permasalahan yang timbul juga meresahkan, contohnya seperti kolam yang bocor dapat mengakibatkan air mengenang di permukaan dan dapat mengganggu penghuni kolam. Jangan panik yuk simak mengatasinya dengan berikut.

Cara Anti Ribet Mengatasi Kolam Untuk Ikan yang Bocor

1. Pastikan Terlebih Dahulu Kolam Terisi Penuh

Cara pertama adalah memastikan bahwa kondisi air di dalam kolam telah terisi penuh. Jika kondisi air belum terisi penuh maka isilah air kolam hingga penuh. Tujuan pengisian air secara penuh bukanlah untuk memperburuk kondisi kolam yang bocor melainkan untuk mengetahui dimana titik letak kebocoran di dalam kolam.

2. Tunggu Air Hingga Stabil

Langkah selanjutnya setelah memastikan air kolam ikan stabil adalah mematikan pompa, lalu dapat dihitung berdasarkan 1×24 jam atau bahkan jika memang kolam terdeteksi kebocoran maka waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui itu kurang dari 1x24jam. Ketika air stabil anda mengetahui seberapa banyak berkurangnya debit air dalam jangka waktu tertentu.

3. Memastikan Letak Kebocoran

Setelah menunggu sesuai waktu yang dibutuhkan, maka anda akan mengetahui dimanakah letak kebocoran. Memastikan retakan, paralon, atau potensi penyebab kebocoran yang lainnya sangatlah penting. Desain kolam anda juga menentukan bagaimana cara mengetahui letak kebocoran yang ada.

BACA JUGA  Kunci Menata Furniture Minimalis Ruang Tamu Terlihat Semakin Indah

Apabila desain kolam adalah ornamen batu maka yang harus dilakukan menyingkirkan bebatuan terlebih dahulu. Setelah menemukan kebocoran perlu ketelitian dalam melihat apakah di sekitarnya juga terdapat retakan lembut atau keropos. Selanjutnya lebih baik anda membersihkan bagian penyebab kebocoran sampai dipastikan tidak ada lagi semen yang keropos.

4. Menambal Kebocoran dengan Semen

Selanjutnya adalah menambal dengan semen. Melakukan secara berulang pada bagian yang terdeteksi mengalami kebocoran adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Jika terlewat satu titik maka harus mengulang langkah pertama. Wajib memastikan bahwa semen telah mengering dan mengisi kolam dengan air kembali. Jika sudah tidak bocor maka kolam sudah bisa difungsikan kembali.

Itulah 4 Cara Anti Ribet Mengatasi Kolam yang Bocor menurut ikanesia dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Sebelum menambal kebocoran pada kolam pastikan anda telah memindahkan ikan di dalam kolam terlebih dahulu. Karena jika tidak dipindahkan lebih dahulu maka, ikan akan mengalami stres dan bahkan bisa berujung kematian.