Inilah Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

 

Ketika seekor kucing tidak mau makan atau melakukan aktivitas apapun, sebagai pemeliharanya tentu kamu akan pusing dan bingung. Jika kucing sudah malas atau tidak mau makan, biasanya memang ada yang salah pada tubuhnya. Mungkin saja dia sakit atau ada virus yang masuk ke dalam tubuhnya. Sebelum mengatasinya, sebaiknya kamu mencari tahu dulu apa saja penyebab kucing tidak mau makan.

Kamu juga harus memperhatikan bagaimana kebiasaan makan kucing tersebut. Misalnya ia biasa makan berapa kali dalam sehari, atau apa saja yang biasa dimakan. Kucing yang tidak mau makan metabolismenya akan terganggu, dan bisa menyebabkannya sakit berkepanjangan. Maka, jika sudah diketahui apa yang menyebabkan kucing itu tak mau makan, kamu harus segera mengatasinya.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Ha-hal yang menyebabkan kucing tidak mau makan diantaranya yaitu :

  1. Variasi Makanan yang Membosankan
    Makanan yang biasa kita berikan pada kucing seharusnya lebih bervariasi dan itu-itu saja. Kamu bisa memilihkan makanan kering, basah atau daging-dagingan setiap harinya agar ia tidak bosan dengan jenis makanan yang sama. Perhatikan lagi jenis makanan apa yang paling disukai oleh si kucing, sehingga kamu bisa menyiapkan makanan tersebut di saat-saat tertentu.
     
  2. Tidak Ada Nafsu Makan
    Sama seperti manusia, terkadang kucing juga kehilangan nafsu makan sehingga ia tidak mau makan apapun. Bukan hanya bosan dengan jenis makanan yang sama, tapi bisa juga karena kucing tersebut kekurangan vitamin. Ketika kucing tidak mau makan, ada baiknya untuk memberinya vitamin misalnya vitamin penambah nafsu makan agar ia mau makan seperti biasa.

    Cara mengatasi kucing yang susah atau tidak mau makan bisa kamu temukan di web larispro. Ada berbagai macam permasalahan kucing lainnya beserta solusinya di sana.
     

  3. Sakit pada Mulut
    Penyebab lainnya dari kucing yang tidak mau makan adalah mulutnya terasa sakit. Bisa juga sakit di bagian lainnya di area mulut dan tenggorokan. Mungkin terasa sakit ketika menelan atau ketika sedang mengunyah makanan.

    Jika kamu ingin tahu apakah mulut kucing sakit atau tidak, kamu bisa membuka mulutnya dan memeriksa apakah ada luka. Jika terdapat bau tak sedap pada mulutnya, bisa jadi mulutnya memang sedang sakit.
     

  4. Adanya Gangguan di Sistem Pencernaan
    Kucing memiliki sistem pencernaan yang terbilang sensitif, sehingga kucing sering mengalami gangguan pencernaan. Ketika sistem pencernaannya sedang bermasalah, biasanya kucing ini juga tidak mau makan. Penyebab dari terganggunya sistem pencernaan ini bisa macam-macam.

    Misalnya ada makanan yang tidak cocok dengan pencernaannya, atau ada benda asing yang masuk ke sana seperti parasit, cacing dan jenis bakteri lainnya.
     

  5. Malas Melakukan Apapun
    Bukan hanya malas makan, tapi kucing juga bisa mengalami malas melakukan kegiatan apapun. Kucing yang malas melakukan aktivitas apapun termasuk makan biasanya adalah kucing dengan ras persia. Namun kamu jangan khawatir bila hal itu terjadi, cukup dengan mengajaknya bermain atau memancingnya dengan jenis makanan yang paling disukai si kucing.
     
  6. Stres
    Penyebab kucing tidak mau makan berikutnya bisa karena stres, yang juga disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya perubahan lingkungan yang tidak ia sukai atau kurangnya perhatian dari pemeliharanya sendiri. Hal itu juga bisa menyebabkan kucing tidak mau atau malas makan.

Kesimpulan

Jika kamu sudah mendapatkan penyebab dari kucing yang tidak mau makan tersebut, maka kamu bisa melakukan beberapa tahapan untuk mengatasinya. Cara mengatasinya bisa disesuaikan dengan penyebabnya tersebut.