Hati-Hati! Inilah 5 Fakta Kanker Lidah yang Harus Anda Tahu

Perlu diketahui bahwa kanker merupakan pembunuh terbesar dan menjadi penyebab utama kematian manusia. Sebenarnya di dalam tubuh manusia memiliki sel-sel kanker. Namun, jika kondisi sistem imunitas tubuh itu baik, maka sel-sel kanker ini akan kalah.

Jenis kanker yang berkembang pun saat ini sudah banyak. Misalnya seperti kanker kolon, kanker serviks, kanker otak, kanker payudara, kanker paru-paru, dan masih banyak jenis lainnya. Penyebab utama kanker ini adalah pola makan, tingkat stress, dan gaya hidup yang kurang baik.

Dari beberapa kasus kematian karena kanker, ada jenis kanker lain yang harus diwaspadai yaitu kanker lidah. Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel-sel skuamosa.Sel skuamosa ini merupakan sel yang berada di permukaan lidah.

Gejala dari kanker lidah ini sangat sulit terdeteksi. Jadi Anda harus selalu mewaspadainya. Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap kanker lidah, Anda perlu mengetahui fakta-fakta terkait kanker lidah.

Sumber : https://www.deherba.com/ 

Untuk mengetahui penjelasannya dengan jelas, di bawah ini kami berbagi penjelasannya.

Fakta-Fakta Kanker Lidah yang Harus Anda Tahu.

1. Sariawan yang tidak kunjung sembuh

Sariawan memang sering dianggap sebagai penyakit biasa. Namun, Anda harus hati-hati dan mewaspadai jika sariawan itu tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu. Segeralah mengobatinya dan jangan diremehkan.

BACA JUGA  Manfaat Air Kelapa Wulung untuk Kesehatan Tubuh Anda

2. Disebabkan oleh rokok dan alkohol

Gaya hidup yang buruk menjadi penyebab utama terjadinya kanker. Rokok dan alkohol adalah hal yang harus dihindari. Menurut berbagai penelitian yang sudah dilakukan, perokok mengalami risiko terjangkit kanker lidah 5 kali lebih besar daripada non perokok.

fakta kanker lidah

3. Sering mengabaikan kebersihan mulut

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Indonesia, diketahui seseorang yang kondisi kebersihan mulutnya buruk, memiliki risiko 2,3 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker lidah dan kanker rongga mulut.

4. Kanker lidah bisa sembuh total

Segala penyakit termasuk kanker sekai pun ada kemungkinan untuk sembuh. kanker lidah yang masih stadium awal, dapat disembuhkan dengan melakukan operasi dengan mengelupas permukaan lidah. Hal ini bisa dilakukan karena sel-sel kanker belum menyebar.

Namun, jika kanker lidah sudah menyebar dan berukuran besar, maka akan dilakukan operasi pengangkatan lidah atau glisektomi. Setelah dilakukan glisektomi, lidah tersebut akan direkonstruksi dengan bagian tubuh yang lainnya.

5. Kanker lidah dapat menular

Salah satu penyebab dari kanker lidah adalah adanya gangguan kanker human papilloma virus atau yang sering dikenal sebagai HPV. HPV dapat menular dari satu orang ke orang yang lainnya.

Itulah beberapa fakta terkait kanker lidah yang harus Anda ketahui. Sebaiknya, jika muncul gejala awal kanker lidah, Anda harus segera menanganinya agar kanker lidah dapat disembuhkan dengan segera.