Gangguan Kesehatan Akibat Plak yang Timbul pada Gigi

Apakah Anda sering mendengar yang namanya plak? Ya, di dalam dunia kesehatan gigi, plak menjadi salah satu istilah yang sering diungkapkan. Ya, plak dikenal sebagai salah satu masalah pada gigi yang juga menyebabkan masalah gigi yang lain dan lebih serius. Jika plak ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan beberapa gangguan di bawah ini:

Gigi akan Mudah Berlubang

klinik gigi buat pembersihan karang gigi

Pertama, gigi Anda akan mudah berlubang. Plak merupakan salah satu lapisan yang sangat tipis dan menempel pada gigi. Lapisan ini terbentuk akibat sisa makanan yang menempel pada gigi. Kemudian tumbukan sisa makanan itu memicu pertumbuhan bakteri yang akhirnya mengeluarkan zat asam.

Asam yang tercipta akibat aktivitas bakteri ini nyatanya dapat mengikis sedikit-demi sedikit lapisan gigi luar atau enamel. Setelah bagian luar atau pelindung pada gigi ini sudah hilang, maka gigi pun juga akan mengalami keropos kemudian berlubang.

 Ya, lubang pada gigi ini bisa terus membesar bahkan hingga terkikis habis. Tak jarang gigi berlubang ini menyebabkan sakit dan mengganggu berbagai kegiatan.

Menimbulkan Kerak Gigi atau Tartar yang Sangat Mengganggu

Adanya plak yang menumpuk dengan jangka waktu yang cukup lama biasanya juga dapat  menimbulkan kerak gigi. Ya, lapisan yang mulanya hanya selaput bening, jika dibiarkan lama kelamaan akan menjadi tartar atau kerak yang sangat keras.

BACA JUGA  Hati-Hati! Inilah 5 Fakta Kanker Lidah yang Harus Anda Tahu

Tartar yang mengeras dapat mengganggu estetika dan sering kali terjadi di gigi bagian dalam. Tartar ini biasanya terletak di bagian gigi dalam yang sering kali terlewat pada saat membersihkan gigi. Kerak membandel ini sifatnya kasar dan bisa lapuk. 

Apabila tartar ini lapuk maka yang terjadi adalah gigi mengalami pengikisan yang cukup banyak. Anda bisa membersihkannya melalui klinik gigi terdekat sehingga bisa menjadi lebih bersih. Anda bisa tetap tampil maksimal dengan gigi yang bersih nan sehat.

Bisa Menyebabkan Gingivitis

Gingivitis adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang juga disebabkan oleh plak. Gingivitis ini jika dikenal sebagai infeksi pada gusi sehingga menimbulkan pembengkakan. Tentu saja siapa saja yang sedang sakit karena gingivitis ini bisa sangat tidak bersemangat, bahkan mengganggu berbagai aktivitas.

Jika Anda mengaca pada saat mengalami gingivitis maka yang terlihat adalah gusi yang membengkak. Tak hanya itu saja, gusi juga makin terlihat memerah bahkan bisa menghitam karena infeksi.

Bahkan tak hanya itu saja, gusi yang meradang ini pun semakin sensitif sehingga lebih mudah terluka dan juga berdarah. Gingivitis bisa mengakibatkan rasa nyeri maupun tidak sehingga sering orang tak menyadarinya.

Dapat Menyebabkan Infeksi atau Periodontitis

BACA JUGA  Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga Erlamycetin untuk Infeksi Bakteri: Panduan Langkah Demi Langkah

Plak ternyata juga bisa menimbulkan infeksi yang disebut dengan periodontitis. Gangguan kesehatan yang satu ini biasanya dimulai dari masalah gigi. Kemudian, masalah pada gigi ini menyebabkan berbagai mikroorganisme tumbuh dan berkembang biak.

Kemudian, karena aktivitas bakteri yang berlebih akhirnya bisa mengakibatkan infeksi yang terus menyebar dan menyebabkan kerusakan gigi yang makin besar. Jika diturut dari asalnya, periodontitis ini terjadi akibat Gingivitis yang sudah tidak bisa disembuhkan kembali.

Itulah beberapa akibat jika Anda membiarkan plak tetap berada pada gigi dalam jangka waktu yang lama. Gangguan pada gigi di atas pastinya akan sangat mengganggu dan juga merusak kecantikan gigi Anda. Oleh karena itu jangan pernah melewatkan momen menggosok gigi dengan baik dan benar. Periksalah ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Buat yang belum punya klinik gigi langganan, ToothSignature di Kelapa Gading (toothsignature.com), atau JB-Dental Bekasi (jb-dental.com) bisa jadi pilihan klinik gigi anda.