Dapat Traktiran Listrik Gratis dari PLN, Mau?

Listrik adalah aspek fundamental yang harus dimiliki oleh setiap rumah. Tanpanya seseorang tak akan dapat melakukan aktivitas sehari-hari sebab kini listrik menopang seluruh peralatan di sekitar kita mulai dari TV, ponsel, komputer, lampu, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, listrik akan terus ada permintaannya namun masyarakat tak selalu mempunyai uang untuk membayarnya. Seperti pandemi saat ini yang membuat sebagian perusahaan gulung tikar. Sebagian pedagang bangkrut akibat pergeseran pola konsumsi masyarakat.

PLN memberikan listrik gratis dalam bentuk potongan harga dan diskon kepada pelanggannya. Ini merupakan kebijakan yang diambil oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk membantu masyarakat yang terkena imbas pandemi.

Melalui PLN sebagai perusahaan milik negara, dana 12,02 triliun akan dikucurkan hingga Desember 2021. Menurut laporan, dana yang telah dikucurkan sebanyak 6,72 triliun rupiah.

Jumlah pemberian listrik gratis ini bergantung pada besaran tegangan voltase suatu rumah. Jika suatu rumah mempunyai tegangan 900 VA maka rumah ini akan memperoleh diskon dan potongan harga sebesar 25%. Bagi usaha kecil menengah akan diberikan potongan harga hingga separuhnya.

Semua ini dialkukan oleh pemerintah dengan harapan dapat menggerakan ekonomi masyarkat yang terkena imbas pandemi.

BACA JUGA  Jangan Anggap Sepele! Inilah Alasan Mengapa Sedot WC Depok itu Penting

Cara mendapatkan listrik gratis stimulus PLN ini tak perlu melakukan pendaftaran sebagaimana bantuan pemerintah lainnya sebab diskon akan diberikan kepada pelanggan yang menggunakan sistem prabayar ketika membeli token listrik. Sedangkan bagi pelanggan yang menggunakan listrik pascabayar maka akan memperoleh potongan ketika pembayaran tagihan dilakukan.

Pelanggan PLN dapat mengecek apakah mereka sudah mendapatkan bantuan listrik dari PLN atau belum dengan mengeceknya di website dan aplikasi yang sudah disediakan. Aplikasi yang dimaksud adalah PLN Mobile yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Untuk mengecek menggunakan website resmi PLN di alamat www.portal.pln.co.id dapat dengan mengklik “Diskon Stimulus”, masukan nomor ID pelanggan dan captcha. Kemudian untuk mengecek di aplikasi PLN Mobile dengan mengklik info stimulus kemudian isi dengan ID pelanggan atau meteran.