Daftar Penyebab AC di Rumah Cepat Mengalami Kerusakan

Hidup di iklim tropis seperti di Indonesia ini walau dalam kondisi hujan tetap saja masih terasa gerah. Menggunakan AC adalah salah satu upaya untuk memberikan pertolongan pertama agar ruangan anda tetap sejuk dan segar. Terlebih di musim kemarau seperti saat ini ketergantungan akan penggunaan AC cukup besar.

Seiring banyaknya manfaat yang bisa anda rasakan ketika menggunakan AC namun seiring berjalannya waktu pastinya sebagai barang elektronik membutuhkan perawatan. Kalau tidak dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin akan menyebabkan berbagai masalah akan muncul.

Mulai AC tidak mau bekerja secara maksimal, udara yang dikeluarkan tidak dingin, dan adanya kebocoran pada pipa AC. Selain itu munculnya suara bising akan mengurangi kenyamanan ketika di dalam ruangan.

Penyebab AC Tidak Bisa Bekerja Secara Maksimal

Sebagai barang elektronik memang membutuhkan perawatan secara rutin agar tidak mengalami kerusakan yang semakin parah. Untuk itu anda bisa menggunakan jasa service AC yang profesional agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Sebelum AC anda mengalami kerusakan maka anda bisa simak beberapa penyebab berikut ini:

  • Banyak debu yang menumpuk

AC bekerja untuk membersihkan kotoran yang ada pada partikel udara. Tentunya dengan menyedot udara kotor nantinya udara yang keluar akan bersih. Maka dari itu membutuhkan perawatan secara berkala agar kinerja AC tetap bagus. Kalau dibiarkan maka debu akan semakin menumpuk dan menyebabkan penyaringan tidak maksimal. Kalau dibiarkan bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

  • Kebocoran pada freon
BACA JUGA  Pilih Sewa Kipas Blower atau AC? Mana Pilihan Tepat?

Kebocoran pada pipa freon ini terjadi karena adanya penyumbatan untuk menyalurkan udara dingin. Penyumbatan ini terjadi karena adanya debu dan kotoran yang menumpuk. Selain itu juga disebabkan oleh adanya masalah pada kapasitornya.

  • Proses pemasangan AC yang tidak tepat

Pastikan ketika memasang AC pastikan anda memasang dengan benar. Agar lebih meyakinkan anda bisa menggunakan service AC Bintaro yang siap membantu anda untuk pemasangan AC dengan benar. Kalau pemasangan AC mengalami kesalahan bisa menyebabkan AC mengalami kebocoran.

  • AC dibiarkan terus menyala

Kebiasaan umum yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah AC di rumah dibiarkan terus menyala. Walau terlihat biasa saja namun itu bisa berdampak buruk bagi AC anda. Kalau anda mau mematikan AC ketika tidak digunakan maka ini bisa memperpanjang usia AC anda.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa hal yang menyebabkan AC anda cepat rusak. Selain itu agar AC anda tidak cepat rusak percayakan perawatan rutin dengan menggunakan service AC yang terpercaya.