Contoh Penulisan Kata Pengantar Kliping

Sedang membuat tugas kliping? Sebelum mengkliping bahan yang harus nda kliping, pastinya perlu dong membuat kata pengantar. Lalu bagaimana sih cara membuat kata pengantar kliping itu sendiri?

Tidak jauh berbeda dengan membuat kata pengantar kliping, cara membuat kata pengantar kliping juga hampir sama. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai kata pengantar kliping di bawah ini.

Kata Pengantar Kliping

 

Cara Membuat Kata Pengantar Kliping

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat kata pengantar kliping di antaranya adalah :

1. Pada paragraf pertama sertakan yang paling utama adalah ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, disertai dengan judul kliping Anda. Sebagai contoh :

“Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa, penyusun panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat dan karunia-Nya. Berkat karunia Tuhan YME lah penyusun dapat menyelesaikan kliping yang berjudul ”Kliping Pemberitaan Mengenai Kepemimpinan Jokowi”

2. Pada paragraf kedua, tulislah tujuan penyusunan kliping tersebut :

Kliping  ini merupakan tugas wajib dan sebagai syarat untuk menyelesaikan tugas mata kuliah “Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)”

3. Untuk paragraf ketiga, tulislah ucapan terima kasih kepada para pihak yang membantu Anda dalam penyusunan kliping atau karya tulis tersebut.

“Adanya kliping tugas PKN yang berisi ”Kliping Pemberitaan Mengenai Kepemimpinan Jokowi” telah penyusun kliping dengan semaksimal mungkin.

 Kepada semua pihak yang telah berkenan membantu penyusun menyusun kliping ini dengan tepat waktu, penyusun sampaikan terima kasih banyak karena telah membantu menyelesaikan kliping ini.”

4. Pada paragraf keempat berisi kritik dan saran.

“Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa terdapat kekurangan baik dari dalam teknis penyusunan kliping, baik dari tata letak yang salah atau kliping yang tidak sesuai tanggal pemberitaan. Oleh sebab  penyusun mengharapkan saran dan kritik dari pembaca agar penyusun dapat memperbaiki kliping ini”

5. Paragraf yang kelima adalah berisi penutup, tutuplah tugas kliping Anda dengan disertai nama penyusun dan bubuhkan tanda tangan. Sebagai contoh :

Penyusun berharap semoga kliping berjudul ”Kliping Pemberitaan Mengenai Kepemimpinan Jokowi” bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.

Semarang, 21 Januari 2014

Penyusun

Yuan Rahmat

Untuk lebih jelasnya simak contoh kata pengantar kliping yang diambil dari situs Academic Indonesia di bawah ini.

Contoh Pertama

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kliping Bahasa Indonesia ini.

BACA JUGA  Ide Kreatif Lomba 17 Agustus di Lingkungan Sekolah

Tidak lupa pula sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Kliping mata pelajaran Bahasa Indonesia ini penyusun buat untuk memenuhi tugas ujian praktik mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diampu oleh Bapak Dian Rahmat. Kliping Bahasa Indonesia ini berisi tentang contoh-contoh silogisme, paragraf induktif analogi, generalisasi dan sebab akibat, esai serta kritik sastra.

Semoga kliping yang penyusun lakukan ini bisa memberikan manfaat bagi yang melihat dan membacanya. Penyusun menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari kata sempurna. Penyusun masih mengharapkan kritik dan saran dari semua demi kesempurnaan tugas kliping ini.

 Akhir kata, kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan kliping ini dari awal sampai akhir. Apabila ada kekeliruan kliping penyusun sampaikan maaf yang sebesar besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ciamis, 14  Februari 2013

Penyusun

Contoh Kedua

Tiada hentinya puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Ia telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga tugas Kliping Bahasa Indonesia ini dapat tersusun dengan tepat waktu.

Kliping Bahasa Indonesia ini kami buat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun kliping yang telah kami susun ini berisi tentang “Pameran Jogja Art dari Tahun ke Tahun”

Semoga kliping yang kami buat ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Kami menyadari bahwa kliping yang telah kami susun ini masih jauh dari kata sempurna. Kami selaku penyusun mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan kliping di tugas selanjutnya.

Terakhir, apabila ada kekeliruan dalam penyusunan  kliping ini, penyusun mohon maaf yang sebesar besarnya.

Purworejo, 5 Januari 2017

Tim penyusun

Contoh Ketiga

Segala puji bagi Tuhan YME  yang telah melimpahkan segala karunia-Nya kepada penyusun. Atas karuni-Nya lah penyusun dapat menyelesaikan tugas kliping mata pelajaran Penjaskes dengan judul “Prestasi Indonesia di Bidang Badminton Sepanjang Tahun 2014”.

Dalam menyelesaikan kliping ini penyusun mendapat secara moril dan materiil dari berbagai pihak. Penyusun mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak tersebut :

  1. Bapak pengampu Penjaskes, Bapak Waryono, yang telah memberi arahan bagaimana cara mengkliping yang benar kepada penyusun.
  2. Orang tua penyusun yang telah memberikan dukungan moril dan materil kepada penyusun.
  3. Teman-teman yang tidak henti-hentinya memberikan motivasi.
BACA JUGA  Aplikasi Edukasi Untuk Anak yang Terbaik

Penyusun menyadari benar bahwa kliping ini masih memiliki banyak kekurangan walau penyusun telah berusaha semaksimal mungkin. Besar harapan kami adanya kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan klipung di tugas selanjutnya,

Semoga dengan adanya kliping “Prestasi Indonesia di Bidang Badminton Sepanjang Tahun 2014” ini dapat memberikan pengetahuan bagi kita semua mengetahui prestasi Indonesia di bidang olahraga.

Kendari, 21 Januari 2015

Penyusun

Contoh keempat

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penyusun panjatkan atas anugerah Tuhan YME. Atas karunia-Nya akhirnya penyusun dapat menyelesaikan kliping tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia ini tepat pada waktunya.

Dalam menyelesaikan tugas kliping Bahas Indonesia ini penyusun ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penyusun. Terima kasih penyusun sampaikan kepada pihak-pihak tersebut :

  1. Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia-Nya sehingga kliping tugas Bahasa Indonesia dengan judul “Citra Ahok di Mata Umat Islam” ini dapat terselesaikan dengan baik.
  2. Ibu Pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ibu Arini yang selalu memberi arahan kepada penyusun.
  3. Orang tua penyusun yang tiada hentinya memberikan dukungan dan motivasi baik berupa doa maupun materi kepada penysusn.

Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan kliping Bahasa Indonesia ini masih terdapat banyak kekurangan. Penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi perbaikan kliping di tugas selanjutnya. Semoga kliping ini bermanfaat bagi penyusun maupun pembaca.

Surakarta, 26 Desember 2016

 Penyusun

Contoh kelima

Contoh Kata Pengantar Kliping

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang telah Ia berikan kepada penyusun. Syukur tiada hentinya kami sampaikan kepada Tuhan hingga pada akhirnya kelompok kami dapat menyelesaikan penyusunan kliping berjudul “Kasus Korupsi E-KTP”

Semoga kliping yang disusun untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) ini dapat bermanfaat.

Diakui oleh penyusun bahwa kliping ini masih banyak kekurangan. Bagi pembaca, diharapkan untuk bisa memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan kliping selanjutnya.

Seperti itulah cara membuat kata pengantar beserta contohnya. Semoga bermanfaat.