Cobain 3 Trik Tersembunyi dari Aplikasi VLC Media Player

VLC Player merupakan salah satu aplikasi pemutar video paling populer untuk versi desktop karena kemudahan dan ukurannya yang ringan. Namun, kebanyakan orang hanya mengetahui fungsinya hanya untuk memutar video saja. Padahal, ada beberapa trik menarik yang bisa digunakan pada aplikasi yang satu ini.

Langsung saja, berikut ini terdapat beberapa trik menarik untuk kamu coba:

1. Melakukan Konversi Video

VLC Player

Pernah nggak sih kalian mengalami saat ingin memutar video, tetapi videonya nggak bisa diputar? Padahal sebelumnya kalian udah nyobain untuk memutar video tersebut melalui aplikasi lain dan bisa berjalan normal. Hmm, kalau begitu biasanya karena disebabkan format video tidak didukung oleh player yang digunakan.

Untungnya VLC Player merupakan salah satu aplikasi yang banyak mendukung format file video, jadi bisa dikatakan permasalahan saat memutar video akan sangat minim. Terlebih, kamu juga bisa menggunakan VLC Media Player sebagai aplikasi konversi video lho!

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi VLC yang telah terinstall di PC kamu. Lalu, selanjutnya pada menu Media, pilih menu Konversi atau Simpan. Akan muncul tampilan baru untuk memilih sumber file yang akan diubah formatnya. Silahkan pilih file yang diinginkan.

BACA JUGA  Merk Laptop Paling Awet

 Tentu saja kamu juga bisa memilih format file baru yang diinginkan. Tidak hanya format video saja, kamu juga bisa memilih untuk mengubahnya ke dalam bentuk format MP3. Jika sudah selesai, cukup tekan tombol Start untuk memulai proses konversi.

2. Memberi Watermark Pada Video

Sebel nggak sih udah membuat video capek-capek, tetapi akhirnya saat diupload ke media sosial justru diklaim oleh orang lain dan diakui sebagai karya mereka. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk memberikan watermark pada video kamu dengan gambar atau tulisan identitas kamu.

Untuk melakukannya, kamu tidak membutuhkan software tambahan lainnya. Cukup dengan VLC Player, kamu bisa menambahkan watermark dan langsung melakukan preview. Untuk melakukannya, pastikan VLC Player sudah terinstall dengan sempurna pada PC kamu.

Selanjutnya, pada menu Tools, pilih bagian Menu Utama. Akan terdapat pilihan Effects dan Filters, pilih bagian tersebut. Akan tampil layar baru dan cari tab Video Effects. Pada bagian ini kemudian kamu bisa memilih Logo yang ingin kamu jadikan watermarks. Selanjutnya, atur opacity atau tingkat transparan dari watermark sesuai selera.

3. Menonton Video Online

Wah, kayanya kebanyakan dari kalian mungkin baru tahu kalau VLC memiliki fitur ini. Memang sih, kebanyakan dari kita lebih kenal VLC Media Player memiliki fungsi utama memang untuk memutar video offline yang tersimpan di media penyimpanan hardisk di PC. Tapi, ternyata kalian juga bisa memutar video online, seperti dari YouTube pada VLC lho!

BACA JUGA  Merk Laptop Paling Awet

Keuntungan dengan menonton video online melalui VLC, kamu bisa terbebas dari banyaknya iklan mengganggu yang bisa kita dapat jika menontonnya secara langsung melalui website. Untuk melakukannya, pertama buka aplikasi VLC Media Player. Pada bagian menu Media, pilih tab Network.

Selajutnya, copy url dari video youtube yang ingin kamu tonton melalui VLC dan paste pada baris network url. Selanjutnya, untuk bisa memutar cukup tekan tombol Play dan tunggu beberapa saat. 

Sebenarnya masih terdapat beberapa trik yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi VLC Player. Kamu bisa melihatnya pada website sumber kami (https://teknolagi.id/). Jadi, setelah membaca artikel ini, kamu tidak lagi hanya bisa memanfaatkan VLC sebagai pemutar video saja ya. Melainkan untuk beberapa keperluan lainnya.