Cara Penulisan Makalah untuk Jurnal Ilmiah 

Makalah untuk jurnal ilmiah biasanya menjadi salah satu tugas wajib yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Selain itu, makalah untuk jurnal ilmiah biasa dijadikan sebagai syarat kelulusan mahasiswa tingkat akhir. 

 

Pengertian Jurnal 

Sebelum mengetahui cara penulisan makalah untuk jurnal, Anda perlu mengetahui definisi jurnal terlebih dahulu. 

Jurnal merupakan sebuah publikasi periodik dalam bentuk artikel yang diterbitkan secara berkala. Umunya, jurnal diterbitkan pada kurun waktu tertentu. Contohnya, setiap empat bulan sekali atau satu tahun sekali. Jurnal memiliki cakupan materi yang luas, namun padat dan hanya terdiri dari enam hingga delapan halaman. 

Tujuan jurnal adalah untuk mengembangkan penelitian yang sudah pernah ditulis oleh peneliti sebelumnya, untuk menjadi acuan peneliti lainnya. Umumnya, sebuah jurnal berisi banyak referensi yang dijadikan sebagai penulisan setiap artikel. Artikel yang ditulis pada jurnal, dapat berupa review literatur maupun laporan penelitian.

Cara Penulisan Makalah untuk Jurnal 

Berikut adalah poin-poin cara membuat makalah untuk jurnal dikutip dari bintangtrainer.com:

  1. Makalah yang Anda buat merupakan pemikiran sendiri, artinya tidak plagiasi karya orang lain. Selain itu, makalah yang Anda buat haruslah belum pernah dipublikasikan serta bersifat ilmiah. 
  2. Judul makalah harus akurat, singkat serta informatif dan menggambarkan isi dari makalah. 
  3. Panjang makalah berkisar antara 15 hingga 25 halaman kuarto yang diketik dengan spasi ganda, menggunakan ukuran font 12 dan jenis font Times New Roman. 
  4. Makalah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, sesuaikan dengan tujuan dari pembuatan makalah Anda. 
  5. Nama penulis makalah serta asal instansi wajib dicantumkan di bawah judul. Nama penulis makalah, tidak perlu disertai dengan gelar. 
  6. Abstrak makalah untuk jurnal ilmiah dibuat dengan dua versi, yaitu versi berbahasa Indonesia serta berbahasa inggris. Dengan panjang abstrak minimal 120 kata dan tidak melebihi 250 kata. 
  7. Kata kunci pada abstrak ditempatkan pada bagian bawah abstrak terdiri dari dua hingga lima kata. 
  8. Isi makalah minimal mengandung : a) pendahuluan, yang berisi latar belakang, tujuan penelitian; b) metodologi penelitian; c) hasil dan pembahasan; d) kesimpulan; e) daftar pustaka sesuai standar. 
  9. Mengikuti sistematika penulisan karya ilmiah. 
  10. Tabel pada makalah diberi nomor yang berurutan, judul tabel ditempatkan pada bagian atas dan maksimal terdiri dari 7 kata. 
  11. Gambar pada makalah diberi nomor berurutan. Judul gambar ditaruh pada bagian bawah dan maksimal terdiri dari 7 kata. 
  12. Pengutipan referensi pada makalah, apabila tidak membutuhkan penjelasan lebih detail dapat Anda cantumkan pada tubuh teks. 
  13. Sedangkan pengutipan referensi pada makalah yang membutuhkan penjelasan lebih detail dapat Anda cantumkan pada footnote atau catatan kaki.
  14. Menulis daftar pustaka dengan memerhatikan kaidah penulisan yang benar.
BACA JUGA  Cara Merawat Kelinci yang Benar

Tata Cara Pengutipan Referensi

  • Kutipan pendek pada makalah untuk jurnal ilmiah ditulis sebagai kalimat langsung, diberi tanda petik dan ditulis nama penulis serta kapan publikasinya.
  • Kutipan lebih dari 5 baris, ditulis dengan cetak miring dan terpisah dari paragraf sebelumnya. Kutipan panjang, ditulis dengan kalimat tidak langsung dan dipisah dari uraian lainnya. 

Kaidah Penulisan Daftar Pustaka

  • Daftar pustaka untuk makalah jurnal ilmiah ditulis langsung, tidak perlu membuat halaman terpisah dari pembahasan maupun isi makalah. 
  • Daftar pustaka pada makalah bukan untuk jurnal, yaitu buku, ditulis dengan menggunakan halaman baru atau terpisah dari isi makalah. 
  • Judul daftar pustaka ditulis dengan huruf tegak dan dicetak tebal menggunakan huruf kapital semua. 
  • Penulisan daftar pustaka yang benar, ditulis dengan cara berturut-turut 1) nama pengarang ditulis dengan urutan sebagai berikut : nama akhir, nama awal (nama penulis dibalik), nama tengah, tanpa gelar akademik. 2) tahun penerbitan referensi. 3) judul dan sub judul referensi. 4) tempat penerbitan referensi. 5) nama penerbit. 

Penulisan daftar pustaka tersebut bergantung dari sumber referensi yang Anda ambil, referensi dari jurnal, skripsi atau tesis, buku maupun tulisan dari internet ditulis dengan format yang berbeda. 

 

Itulah cara penulisan makalah untuk jurnal ilmiah yang dapat Anda coba. Jangan lupa untuk konsultasikan makalah untuk jurnal Anda kepada pembimbing maupun dosen Anda.