Cara Merawat Kelinci yang Benar

Kelinci seperti kelinci flemish giant merupakan hewan yang rentan terkena penyakit, oleh karena itu pentingnya merawat kelinci agar tetap berumur panjang dan sehat.

Memelihara hewan semuanya memiliki resiko dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara merawat kelinci agar berumur panjang dan tidak mengalami stress.

Yang paling dasar dan pokok merawat kelinci adalah mencari tahu makanan serta minuman yang sesuai dengan usia juga ukuran kelinci. Pada hal ini juga perlu diketahui bobot kelinci yang normal dan kesesuaian pakan agar tidak berlebihan juga tidak kekurangan. Perhatikan juga mengenai kebersihan pangan yang akan diberikan pada kelinci agar kelinci tidak terkena racun ataupun sakit.

Agar kelinci tidak mudah stres, beberapa kondisi perlu diperhatikan yaitu, kandang yang sesuai dengan ukurannya tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, sesuaikan juga jika kandang akan diisi oleh beberapa kelinci agar kedepannya tidak terjadi perkawinan dini atau gangguan hormonal lainnya.

Porsi makan yang sesuai hal ini karena keseimbangan makanan pada pencernaan kelinci haruslah sesuai agar tetap sehat. Kelinci merupakan hewan yang suka dengan melompat jadi, biarkan kelinci merasa bebas dengan tidak di dalam kandang terus menerus.

BACA JUGA  Langkah Menggunakan Laptop Bagi Pemula Baru Kenal Gadget Kekinian

Walaupun kelinci hewan yang senang ketika ada yang menggosok bagian belakang kupingnya, ia lebih menyukai dapat bergerak bebas kemanapun kelinci mau. Dan yang terpenting merawat kelinci adalah jaga kandang agar selalu bersih dari kotoran kelinci maupun bulu kelinci.

Kelinci juga dapat dimandikan karena bulunya yang lebih tebal dan paling tidak dua minggu sekali memandikan kelinci, agar terbebas dari debu dan kotoran. Gunakan juga air hangat dan sampo khusus kelinci dan saat setelah mandi keringkan dengan cepat tubuh kelinci agar tidak kedinginan lalu, jangan lupa juga untuk menyisir bulunya.

Kesimpulannya, merawat kelinci sama halnya dengan merawat hewan lainnya yaitu, perlu diperhatikan porsi pakan dan keseimbangannya, lalu mandikan dua minggu sekali agar bulu kelinci tetap bersih dan tidak kusut.