Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri Secara Detail dan Sederhana

Membangun sebuah rumah sendiri merupakan sebuah impian setiap orang terutama bagi yang sudah berkeluarga. Selain menabung, mereka juga sering mencari cara menghitung biaya bangun rumah sendiri agar dapat terealisasi dengan sempurna tujuan tersebut. Untuk menghitung perkiraan tersebut, Anda harus memperhatikan beberapa poin penting agar mudah dalam menentukan biayanya seperti di bawah ini. Namun jika anda mempunyai lahan 150 meteran anda bisa membaca estimasi lengkapnya di “Biaya Pembangunan Rumah Ukuran 10×15

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri Secara Detail dan Sederhana

  • Menghitung lahan

Menghitung lahan yang akan dijadikan lokasi rumah merupakan hal yang penting apabila menginginkan model dan ukuran yang diimpikan. Sebaiknya hitung tanah per m2 untuk mengetahui harga dari tanah tersebut. Harga tanah sendiri berkisar dari 2 juta hingga 3,5 juta rupiah tergantung dari wilayahnya.

 

  • Menghitung biaya desain

Meskipun Anda membangun rumah sendiri, namun sangat disarankan untuk menggunakan jasa dari seorang arsitek. Selain memperoleh desain yang detail, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai pembangunan tersebut. Pastinya perhitungan akan didapat secara akurat mengenai material dan estimasi waktu yang dibutuhkan dalam proses pembangunan.

 

  • Menghitung jumlah dan harga material

Cara mempersiapkan biaya pembangunan rumah sendiri yang paling penting adalah menentukan harga material yang akan digunakan. Dengan menggunakan perhitungan yang tepat, pastinya tidak akan terjadi pembengkakan di tengah proyek. Terutama dengan jumlah material yang Anda butuhkan, dapat dilihat harganya yang saat ini ada di pasaran.

BACA JUGA  Kenali Tanda Septic Tank Penuh agar Bisa Diatasi Lebih Cepat

 

  • Menghitung upah pekerja

Hitung juga upah para pekerja yang membangun rumah Anda. Anda bisa menggunakan jasa borongan atau tenaga harian lepas yang bisa didapatkan dengan mudah. Sangat disarankan menggunakan tenaga harian lepas karena biaya yang dikeluarkan juga terbilang cukup kecil. 

 

  • Menghitung biaya lain-lain

Di tengah proses pembangunan, tentunya terdapat kebutuhan yang tidak terduga yang harus Anda keluarkan. Sebaiknya anggarkan biaya ini 10% dari total keseluruhan biaya pembangunan.

 

Itulah beberapa langkah cara menghitung biaya bangun rumah sendiri yang bisa Anda aplikasikan. Dalam perencanaan yang detail dan jelas, tentunya akan menambah peluang dalam memperkecil biaya yang Anda keluarkan nantinya. Selain itu, dalam membangun sebuah rumah impian juga diperlukan masukan-masukan dari para ahli baik itu sebelum maupun saat proses pembangunan.