Cara Menghilangkan Bau dan Noda pada Karpet

Banyak orang yang menyukai karpet tebal dan empuk, tetapi karpet yang tebal dan empuk mudah sekali untuk terkena debu dan kotoran. Kadang karpet juga menjadi bau karena terkena tumpahan makanan atau minuman. Jika karpet pada rumahmu mengalami hal demikian maka kamu bisa langsung untuk membersihkanya. Dengan menggunakan beberapa produk pembersih maka kamu dapat menghilangkan bau dan noda pada karpet.

 

Cara menghilangkan bau pada karpet

1. Tangani bagian yang kotor

Sebelum menyingkirkan bau pada karpet singkirkan terlebih dahulu sisa makanan yang menempel dan tumpahan minuman. Berikan sabun pada karpet yang memiliki noda yang terlihat jelas. Perlu diingat, karpet harus dalam keadaan terbaik sebelum kamu menghilangkan baunya. 

2. Taburkan baking soda di permukaan karpet 

Soda kue memiliki fungsi dapat menyamarkan noda yang terperangkap pada karpet. Taburkan soda kue secara merata pada permukaan karpet, pastikan kamu memiliki jumlah yang cukup banyak saat akan menghilangkan bau pada karpet. Jika baking soda menggumpal pada suatu bagian maka ratakan menggunakan tangan.     

3. Tunggu beberapa saat

Disarankan untuk mendiamkan baking soda yang telah ditaburkan pada karpet  selama beberapa jam bahkan hingga semalaman. Pastikan anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak mendekati karpet tersebut terlebih dahulu. 

4. Bersihkan baking soda menggunakan penyedot debu

Setelah semalaman sedot baking soda menggunakan vacuum cleaner hingga tidak ada baking soda yang tersisa. Pastikan agar Kantong pada vacuum cleaner kosong karena baking soda tentunya akan membuat kantong menjadi penuh. 

5. Pembersih lanjutan

Jika baking soda dinilai belum cukup untuk membersihkan bau pada karpet maka kamu dapat membuat larutan pembersih sendiri. Caranya  dengan 2 sdm (30ml) hidrogen peroksida, ¼ cangkir baking soda, 1 sdt (5ml) sabun cair, dan 1 liter sabun cair. Campur bahan diatas pada wadah, kemudian lakukan pengetesan sebelum menggunakanya pada seluruh karpet. 

BACA JUGA  Cara Merawat Kelinci yang Benar

6. Tuang atau semprotkan larutan ini pada karpet 

Dengan menggunakan metode menyemprot dapat menghasilkan lapisan yang rata. Jika kamu tidak memiliki semprotan maka kamu dapat langsung menuangkannya pada karpet secara hati-hati. Dalam melakukan proses ini diusahakan untuk menggunakan sarung tangan. 

7. Diamkan larutan selama 24 jam

Supaya bau pada karpet hilang maka kamu harus menunggu larutan tersebut untuk bekerja selama 24 jam. Sebaiknya kamu mengerjakannya pada tempat yang terbuka dan memiliki ventilasi yang cukup. Diharap untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

8. Gunakan handuk untuk menyerap cairan yang berlebih 

Jika terdapat bagian karpet yang basah maka gunakanlah handuk untuk menyerapnya. Biarkan karpet kering dengan sendirinya, dengan mengangin-anginkan karpet.

Cara menghilangkan noda pada karpet

1. Bir 

Bir bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda yang berasal dari  tumpahan teh dan kopi yang menempel pada karpet. Caranya dengan menuangkan sedikit bir pada karpet yang terkena noda, lalu gosok secara perlahan. Jika noda masih belum hilang maka ulangi proses ini beberapa kali hingga noda benar-benar hilang.

2. Cuka 

Cuka dapat bekerja dengan baik untuk membersihkan noda, oleh karena itu sediakan ember, kuas, dan cuka putih. Caranya isi ember dengan air hangat dan ¼ cuka lalu semprotkan pada karpet yang memiliki noda. Tunggu beberapa saat kemudian gosok perlahan hingga bersih. Keringkan karpet supaya tidak menimbulkan bau menyengat.  

BACA JUGA  Tips Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum Cleaner

3. Sikat dan vacuum cleaner 

Kamu dapat menggunakan sikat untuk menghilangkan debu ataupun kotoran yang menempel pada karpet. Kemudian gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk menyedot kotoran dan debu. Bersihkan karpet setiap hari, supaya debu dan kotoran tidak menumpuk dan mudah dibersihkan. 

4. Baking soda 

Baking soda merupakan bahan ramah lingkungan yang dapat menangani noda ataupun bau yang menempel pada karpet. Taburkan baking soda pada karpet atau campurkan baking soda dengan air panas dan semprotkan. Biarkan selama tiga jam agar dapat menyerap kotoran dan debu pada karpet, setelah kering bersihkan dengan penyedot debu. 

5. Sabun cuci piring 

Campurkan satu sendok makan sabun cuci piring dengan ¼ sendok cuka putih dan satu liter air hangat. Bahan yang satu ini dianggap dapat membersihkan noda yang menempel pada karpet. 

6. Garam 

Untuk noda minyak campurkan garam dengan alkohol perbandingan 1:4, kemudian gosok secara perlahan permukaan karpet yang kotor. Untuk noda kecap kamu dapat langsung menaburkan garam di atas noda, kemudian diamkan beberapa menit. Lalu vacuum karpet hingga noda tersebut bersih. 

 

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau dan noda pada karpet. Jika kamu ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal,kamu bisa menggunakan jasa cuci karpet Padang. Layanan ini akan membantu kamu dalam membersihkan noda dan menghilangkan bau karpet secara maksimal.