Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga Erlamycetin untuk Infeksi Bakteri: Panduan Langkah Demi Langkah

Tetes telinga Erlamycetin digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran telinga luar. Infeksi ini, yang sering disebabkan oleh bakteri stafilokokus atau streptokokus, dapat berupa nyeri dengan keluarnya nanah, pembengkakan dan kemerahan pada kulit liang telinga serta penebalan serumen di liang telinga luar.

Terkadang gejala ini akan disertai dengan keluarnya cairan dari kedua telinga dan demam. Jika tidak diobati selama lebih dari beberapa hari, mereka dapat menyebabkan gangguan pendengaran karena kerusakan sel-sel rambut di koklea atau infeksi yang telah merembes ke bagian lain dari tubuh Anda (bakteremia). Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk mengunjungi dokter jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut sehingga pengobatan dapat dimulai secepat mungkin.

Tetes telinga Erlamycetin mengandung antibiotik Chloramphenicol yang efektif digunakan untuk mengatasi gangguan telinga atau infeksi yang terjadi pada telinga Anda. Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Harga Erlamycetin tetes telinga berbeda-beda tergantung di daerah mana tempat Anda membelinya.

 

Langkah 1: Bersiaplah

1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol jika tersedia untuk membunuh bakteri di dalamnya sebelum menyiapkan obat untuk telinga yang terinfeksi. Bersihkan tangan Anda dengan cara ini lagi setelah Anda memberikan obat tetes.

2. Siapkan handuk bersih untuk mengeringkan saluran telinga setelah memberikan obat agar tidak mengenai tempat tidur atau pakaian.

3. Lepaskan semua perhiasan seperti kalung dan anting karena dapat tersangkut di rambut Anda dan merusaknya.

BACA JUGA  Bantu Penuhi Gizi, 7 Makanan Ini Sehat Terbaik Bagi Lansia

4. Dengan waslap atau handuk hangat, usap area liang telinga bagian luar dan bagian luar telinga Anda untuk menghilangkan serumen (lilin telinga) berlebih yang mungkin menghalangi pembukaan saluran telinga Anda. Cuci tangan Anda setelah melakukannya.

5. Kenakan sarung tangan steril jika Anda memilikinya atau bersihkan tangan jika Anda tidak dapat memperoleh sepasang sarung tangan steril. Bantalan kasa steril juga dapat digunakan untuk tujuan ini jika tidak ada pilihan lain yang tersedia. Pastikan sarung tangan tidak berlubang.

6. Jika menggunakan kapas, pastikan tidak ada ujung yang berjumbai atau retak yang memungkinkan bakteri masuk ke telinga.

7. Gunakan pipet untuk memberikan obat, bukan jarum suntik karena ini akan menyebabkan lebih banyak rasa sakit saat diberikan dan dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga Anda. Mikrodroplet dalam tetes akan diserap tanpa salah satu dari mereka benar-benar masuk ke kulit Anda di sekitar saluran telinga luar, jadi tidak masalah seberapa banyak atau sedikit yang Anda gunakan. Jika masih ada tetesan yang tersisa setelah pemberian tetes, bersihkan dengan tisu.

8. Cuci tangan Anda kembali secara menyeluruh setelah selesai dan biarkan kapas benar-benar kering sebelum membuangnya ke dalam wadah limbah infeksius.

9. Letakkan handuk bersih di sekitar bahu Anda untuk mencegah tetesan menetes ke pakaian atau barang-barang lainnya.

10. Mintalah orang lain yang telah melakukan kontak dengan telinga yang terinfeksi untuk membawakan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti Paracetamol (Tylenol) atau ibuprofen (Advil) jika Anda demam.

BACA JUGA  Terhindar dari Kanker dengan Konsumsi Alpukat Secara Rutin

 

Langkah 2: Memberikan obat tetes telinga untuk infeksi bakteri

1. Posisikan diri Anda sedemikian rupa sehingga telinga Anda yang terinfeksi menghadap ke atas dan lebih tinggi dari yang lain untuk membantu gravitasi memfasilitasi drainase kotoran yang sudah ada di saluran telinga luar Anda. Anda dapat menggunakan handuk yang digulung di sisi kepala Anda untuk menopang telinga Anda dalam posisi ini jika Anda berbaring. Jika Anda sedang duduk, coba letakkan bantal di dinding atau benda kokoh lainnya dan miringkan kepala Anda sehingga sedikit lebih rendah dari bantal.

2. Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol atau cuci tangan Anda dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol jika tersedia untuk membunuh bakteri yang tersisa sebelum mengenakan sarung tangan atau dipan.

3. Tempatkan kain kasa yang dilapisi lapisan tipis petroleum jelly di atas telinga yang terinfeksi untuk membantu melindungi gendang telinga Anda dan mencegah keluarnya cairan dari saluran telinga Anda.

4. Setelah memberikan obat, bersihkan setiap tetes yang masih menempel pada kulit Anda dengan tisu untuk menghindari kontaminasi bakteri di sekitar Anda. Mikrodroplet dalam obat akan diserap tanpa salah satu dari mereka benar-benar masuk ke kulit Anda di sekitar saluran telinga luar sehingga tidak masalah seberapa banyak atau sedikit yang Anda gunakan.