Cara Membuat Rak Sepatu Dari Kayu

Rak sepatu adalah tempat untuk menaruh sepatu, ada yang dari plastik dan ada juga yang dari kayu, semua sesuai keinginan pemiliknya mau yang mana. 

Namun cara untuk membuat rak ini berbeda-beda, yang bisa dibuat sendiri adalah yang dari kayu, kalau dari plastik tentu harus punya pabrik untuk membuatnya, kalau kayu masih bisa dibuat sendiri dengan bahan kayu seadanya.

Rak sepatu sangat penting ada di daftar list perabot furniture rumah tangga, karena semua orang memakai sandal dan sepatu untuk pergi kemanapun, hal ini dengan adanya rak dirumah, semua sandal dan sepatu tertata rapi.

Namun untuk memilikinya memang butuh budget tersendiri, karena gak hanya rak sepatu ini yang dibeli maka anda harus pintar mengatur keuangan anda dalam menentukan produk yang menjadi prioritas anda dalam melengkapi perabot furniture rumah tangga.

Tutorial Terlengkap Cara Membuat Rak Sepatu Dari Kayu Jati

1. Siapkan Desain Rak Sepatu

Sebelum memulai membuat, tentukan desain terlebih dahulu, ingin yang tertutup atau terbuka, semua sesuai keinginan anda, tentukan model, ukuran, serta warna finishingnya nanti, ini bertujuan untuk memudahkan di tahap pengerjaannya.

2. Pilih Bahan Kayu Rak Sepatu

Pilihlah bahan baku kayu jati sesuai dengan ukuran rak anda, model rak dengan pintu, atau terbuka, disarankan untuk pemula pilihnya yang model terbuka dan jari", sehingga mudah untuk membuatnya.

3. Potong Kayu sesuai Ukuran Rak Sepatu

Lakukan pemotongan bahan kayu sesuai dengan ukuran yang mau dibuat dengan gergaji potong. Pemotongan ini disarankan langsung keseluruhan untuk semua bahan yang dibutuhkan dalam perakitan produk furniture ini.

4. Rakit Rak Sepatu Sesuai Desain

Perakitan ini meliputi, penyetelen, pengeleman dan juga proses penyerutan. Dalam perakitan gunakan jenis lem poxy yang kuat sehingga produk tidak mudah goyah dan ambruk, karena jenis lem juga menentukan hasil dari kualitas rak sepatu anda.

5. Haluskan Rak Sepatu Kayu

Setelah lem kering dan perakitan selesai, tahap selanjutnya adalah proses pengamplasan agar permukaan kayu lebih halus, serat kayu halus, dan siap di warna sesuai dengan keinginan anda. Gunakan amplas kasar dahulu setelah itu baru amplas halus dan lebih halus lagi.

6. Finishing Rak Sepatu

Dalam tahapan ini anda bisa memilih sistem spray atau kuas, untuk hasil bagus spray, namun bila tidak memilikinya bisa menggunakan kuas dengan bahan melamin yang bisa dicampur dengan air, sehingga anda lebih mudah menggunakan dan mewarnainya.

Apabila anda tidak sempat untuk membuat nya sendiri, anda bisa memesan produk dari pengrajin Mebel Jati Jepara seperti dewa mebel yang sudah berpengalaman puluhan tahun, berbagai rak sepatu dihasilkan dari produksinya.

Itulah beberapa tips bagaimana membuat produk furniture sendiri dirumah, dengan bahan seadanya, dan sedikit keterampilan serta tutor dari berbagai internet, kami yakin anda bisa membuatnya sendiri, dengan model simple dan sederhana.