Cara Membuat Keripik Singkong Kriuk Abis, Bermanfaat dan Mudah Dibuat

Singkong selain dikukus bisa dijadikan camilan yang enak banget, yaitu keripik singkong. Cara membuat keripik singkong sangat mudah dan bahannya bisa ditemukan dengan gampang.

Singkong

Singkong ialah salah satu hasil bumi dari Indonesia yang sering dijadikan makanan pengganti nasi. Disini singkong masuk dalam jenis umbi-umbian, bagian dari singkong dari akar sampai daun bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan kita. Kebanyakan singkong diolah melalui proses penggorengan dan perebusan. 

Selain dijadikan camilan atau bahan makanan, singkong diolah menjadi bahan baku tepung tapioka. Dan pada singkong memiliki kandungan nutrisi contohnya ialah karbohidrat, protein, air, vitamin A dan C, serat,  serta mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Cara Membuat Keripik Singkong 

1. Keripik Singkong Manis

Bahan-bahan :

  • singkong kupas 1kg 
  • baking powder 1 sdt 
  • garam 1 sdm 
  • Air
  • Gula halus

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama ambil singkong dan kupas singkong. Jika sudah dikupas masukkan dalam mesin keripik singkong untuk melewati proses pengirisan. Jika sudah selesai lanjut dicuci bersih.
  2. Kemudian ambil air sekiranya sampai bisa terendam irisan singkong tadi, dan jangan lupa campurkan garam dan baking powder. Lakukan perendaman selama 30 menit.
  3. Jika sudah kemudian tiriskan singkong, lalu lanjut proses penggorengan. Proses penggorengan bisa dilakukan dengan deep fryer untuk menghemat tenaga dan waktu, atau bisa dengan wajan biasa diletakkan diatas kompor. Goreng dengan minyak panas dan sampai warna berubah kuning keemasan.
  4. Setelah selesai digoreng kemudian tiriskan
  5. Jika sudah dingin beri taburan gula halus dan garam. Lalu simpan pada toples yang rapat.
     
BACA JUGA  Yuk Intip Kuliner Indonesia Yang Pernah Obama Cicipi Saat Berkunjung ke Indonesia

2. Keripik Singkong Pedas

Bahan-bahan:

  • Singkong 
  • Minyak goreng
  • 1 batang bawang daun iris
  • Garam
  • Gula merah
  • Kaldu bubuk

Bahan Bumbu Halus:

  • Cabai merah 15 buah 
  • Cabai rawit 3 buah 
  • Bawang putih 3 siung 

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama ambil singkong kupas kulitnya lalu diiris tipis tipis.
  2. Cuci singkong yang sudah diiris lalu tiriskan
  3. Siapkan kompor dan minyak yang diperkirakan sampai singkong terendam. Biarkan minyak sampai benar panas, lalu goreng singkong sampai warna berubah kuning keemasan.
  4. Selanjutnya goreng irisan daun bawang hingga wangi, kemudian masukkan bumbu halus hingga wangi matang. Kemudian masukkan garam, gula, kaldu jangan lupa sambil diaduk dan dicicipi. Jika sudah lalu masukkan keripik yang sudah dingin dan diaduk sampai tercampur rata.

Manfaat Singkong

1. Menurunkan Berat Badan

Singkong bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kenapa bisa begitu? karena singkong memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut bisa menahan lapar lebih lama.

Singkong juga bisa memberikan manfaat seperti menjaga kesehatan pencernaan, bisa mengurangi peradangan dan mampu mengendalikan kadar gula darah

2. Menambah Energi

Singkong memiliki kandungan 150 kalori pada setiap 100 gramnya. Jumlah kalori tersebut lebih tinggi dibandingkan dari beberapa umbi lainnya. Jadi bisa disimpulkan mengkonsumsi singkong bisa memperoleh energi tambahan.

BACA JUGA  Cara Bakar Sosis Biar Mekar yang Baik Beserta Resepnya

3. Mengandung Antioksidan

Singkong memiliki kandungan antioksidan yang memiliki manfaat dapat melindungi tubuh dari berbagai efek radikal bebas, serta bisa mencegah penyakit jantung, sampai mengatasi kerutan pada kulit.

4. Meminimalisir Penyakit Jantung

Kandungan serat pada singkong dapat dipercaya meminimalisir penyakit jantung koroner dan beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Kanker

Ternyata singkong memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Dalam hal ini ternyata ada senyawa antioksidan pada singkong. Dengan adanya kandungan antioksidan maka bisa bermanfaat untuk menghalau serangan radikal bebas.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat keripik singkong yang bisa kalian jadikan camilan saat kumpul. Semoga bermanfaat.