Cara Membuat Keripik Singkong Enak

Halo teman semuanya, pada artikel kali ini saya mau bahas serta membagikan cara membuat keripik singkong enak dengan cara yang ringkas, mudah, dan juga simple pastinya.

Jadi teman-teman sekalian ga perlu takut apalagi khawatir tidak bisa ikut membuat keripik singkongnya di rumah masing-masing. Namun, sebelum ke bahasan tersebut, saya ingin bahas dulu sedikit latar serta hal-hal yang masih berkaitan dengan singkong.

Ga perlu lama dengan pembukaannya serta basa basi sejenisnya, langsung masuk ke bahasan dari seputaran yang berkaitan dengan singkong.

Singkong

Singkong atau biasa dikenal dengan ketela pohon atau ubi kayu, Pohon tahunan tropis dan subtropis dari keluarga Euphorbiaceae.

Singkong umumnya digunakan sebagai makanan olahan karena kandungan karbohidratnya yang amat tinggi, dan daunnya biasa digunakan sebagai sayuran.

Tidak cuma itu, singkong ini juga sering digunakan serta dijadikan bahan utama untuk membuat makanan ringan, seperti keripik, kerupuk, getuk, ketimus, dan berbagai camilan makanan ringan lainnya.

Fakta menarik lainnya juga singkong ini kerap kali dijadikan alternatif oleh banyak orang untuk dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi.

Di Indonesia singkong merupakan penghasil pangan pertanian terbesar kedua setelah beras, jadi Singkong dapat menjadi bahan baku utama berbagai produk makanan dan industri.

BACA JUGA  Kisaran Harga Paket Aqiqah di Wilayah Jaktim

Singkong atau ketela pohon ini biasanya memiliki panjang dengan diameter fisik rata-rata 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung jenis singkongnya.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Enak

Setelah tadi saya sudah bahas bersama kalian hal seputaran singkong, sekarang saya akan mulai bahasan dari cara membuat keripik singkong enak dengan cara yang mudah, praktis, dan juga ringkas.

Teman-teman semuanya juga pastinya sudah sejak awal menunggu bahasan ini bukan? Kalau gitu bagi teman-teman yang sudah penasaran langsung saja pembahasan dibawah ini mengenai cara membuat keripik singkong enak.

Bahan

  • Singkong
  • 1 sdt kaldu bubuk (bebas untuk menggunakan brand apapun)
  • Seperlunya lada bubuk (bebas untuk menggunakan brand apapun)
  • Micin (bisa dilewati jika kalian tidak suka micin)
  • Bawang putih
  • Kunyit
  • Kencur

Cara Pembuatan

  1. Tahapan pertama ini, teman-teman bisa mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan diatas yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan keripik singkong kali ini.
  2. Setelah bahan sudah siap, kalian bisa mencuci singkongnya terlebih dahulu agar terbebas dari kotoran ataupun pasir-pasirnya.
  3. Setelah sudah dicuci, teman-teman bisa melanjutkannya dengan mengupas kulit singkong sampai bersih.
  4. Setelah singkong terkupas semua, teman-teman bisa melakukan pemotongan singkongnya secara tipis-tipis, di tahapan ini teman-teman juga bisa menggunakan mesin agar lebih efisien dan hemat waktu.
  5. Kemudian, singkong yang sudah dipotong tadi dibersihkan lagi dengan cara dicuci ulang. Setelah bersih airnya bisa teman-teman sekalian tiriskan.
  6. Setelah itu, teman-teman buat bumbu halusnya dengan cara menguleg bawang putih, kunyit, kencur, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, micin (jika pakai) sampai benar-benar halus.
  7. Teman-teman juga bisa menggunakan mesin blender untuk pembuatan bumbu halusnya agar lebih cepat dan efisien.
  8. Setelah bumbu halus sudah jadi, teman-teman bisa campurkan singkong tadi dengan bumbu halusnya dan aduk sampai merata.
  9. Kemudian setelah dirasa sudah merata, teman-teman cuma perlu mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap dan singkong berubah warna menjadi sedikit kekuningan.
  10. Setelah dirasa sudah meresap, teman-teman lanjutkan dengan cara menggoreng singkongnya dengan api kecil di minyak yang panas sampai matang atau muncul warna kuning keemasan.