Berbagai Pencegahan Penyakit Gagal Ginjal Sesuai Anjuran Kesehatan

Ada banyak penyakit yang sebenarnya bisa dicegah jika seseorang mau hidup dengan pola yang sehat. Salah satunya adalah penyakit gagal ginjal, yang belakangan banyak menimpa masyarakat Indonesia yang tidak menjaga konsumsi makanan dan pola hidup dengan baik. Berikut ini adalah pencegahan penyakit gagal ginjal yang sebaiknya dilakukan semua orang.

  • Batasi Konsumsi Makanan Jenis Tertentu

Ada beberapa makanan yang dirasa menjadi pemicu penyakit ini, diantaranya adalah asupan gula dan garam yang tinggi. Kedua bahan tersebut merupakan bahan makanan yang sering ditambahkan ke dalam masakan, sehingga harus diwaspadai penggunaannya.

Ada pula makanan yang dapat memicu penyakit gagal ginjal, yang biasanya berasal dari makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi. Makanan yang mengandung senyawa oksalat sebaiknya juga dikurangi, seperti seledri, kacang-kacangan, hingga cokelat.

 

  • Melakukan Olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga dinilai dapat membantu seseorang untuk mengurangi peluang memiliki penyakit gagal ginjal. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, sekitar 30 menit setiap harinya, baik olahraga ringan maupun latihan fisik menengah.

Ada beberapa pencegahan penyakit gagal ginjal yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya adalah melakukan yoga dan meditasi. Melakukan aktivitas sederhana, seperti pekerjaan domestik akan membantu Anda mengurangi kalori dan membuat tubuh tetap sehat.

BACA JUGA  Gangguan Kesehatan Akibat Plak yang Timbul pada Gigi

 

  • Hindari Konsumsi Rokok dan Alkohol

Ketika Anda didiagnosa memiliki masalah ginjal, maka mengurangi konsumsi rokok dan alkohol bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa mengurangi peluang untuk tetap hidup sehat dengan tidak mengkonsumsinya.

Selain menghindari dua hal tersebut, Anda juga bisa menggunakan jam tangan khusus untuk kesehatan, yakni Dr. Laser. Dengan teknologinya yang canggih, ia bisa membantu Anda untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan mengurangi kemungkinan memiliki penyakit gagal ginjal.

 

Demikian beberapa pencegahan penyakit gagal ginjal yang sebaiknya diketahui sejak dini. Jika dilakukan secara tepat, ia akan membuat Anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih sehat. Mengkonsumsi air putih juga direkomendasikan karena ia bisa membantu kinerja ginjal menjadi lebih baik.