Bantu Penuhi Gizi, 7 Makanan Ini Sehat Terbaik Bagi Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, lansia tentunya membutuhkan lebih banyak lagi makanan bergizi yang bantu penuhi asupan nutrisi sehari harinya. Makanan sehat yang dikonsumsi ini tentu saja akan mencegah dari resiko berbagai penyakit kronis dan juga meningkatkan energi yang digunakan beraktivitas.

Berbeda dengan orang-orang yang berada di usia produktif, sistem metabolisme pada lansia akan melambat sehingga asupan kalori yang dibutuhkan akan menjadi lebih sedikit. Karena itulah tubuh kaum lansia akan membutuhkan nutrisi lebih banyak dibandingkan orang yang berusia muda. Sangat penting bagi lansia untuk dapat menyesuaikan pola makan sehari hari. Makanan-makanan sehat di bawah ini misalnya, sangat direkomendasikan bagi lansia untuk bantu penuhi gizi sehari hari. 

1. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi makanan terbaik bagi kaum lansia karena membantu memenuhi kebutuhan vitamin D sehari hari. Makanan laut ini sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain itu terdapat kandungan mineral, vitamin, asam lemak tak jenuh ganda serta nutrisi baik lainnya. Seiring dengan pertambahan usia membuat kemampuan kulit dalam proses pembentukan vitamin D menjadi menurun. Karena itulah kaum lansia membutuhkan asupan nutrisi vitamin D lebih yang dapat dibantu dengan mengkonsumsi ikan salmon. Sehingga kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dan terhindar dari penyakit beresiko. 

2. Gandum

Gandum utuh menjadi makanan yang direkomendasikan lainnya bagi kaum lansia yang telah mencapai usia 50 tahun. Fungsinya dapat melancarkan sistem pencernaan berkat kandungan serat di dalamnya yang tinggi. agar bisa dikonsumsi sehari hari, anda bisa menjadikan gandum sebagai pengganti nasi. Bukan hanya seratnya yang baik, namun juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang mungkin tidak ditemukan dalam nasi. Jadi tak ada salahnya untuk mengkonsumsi gandum untuk menggantikan nasi setiap harinya. 

3. Buah Alpukat

Alpukat sangat baik dikonsumsi oleh kaum lansia, mengingat buah ini memiliki kalori dan nutrisi yang kaya untuk memenuhi asupan gizi kaum lansia. Dalam buah alpukat mengandung hingga 9 gram serat baik yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan resiko diabetes mellitus, dan penyakit jantung. Kandungan lemak tak jenuh tunggal, magnesium, dan kalium di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Salah satu jenis alpukat yang banyak dikenal adalah alpukat aligator. Namun karena susah mendapatkan buahnya anda bisa menanam sendiri di halaman rumah, yang perlu anda cari adalah tempat yang jual bibit alpukat aligator. Usahakan bibit dari perbanyakan vegetatif, kebanyakan yaitu sambung pucuk atau grafting

4. Kentang

Makanan sehat lainnya yang sangat direkomendasikan kaum lansia dan bisa dikonsumsi sehari hari adalah kentang. Bahkan akan lebih baik lagi saat mengkonsumsi kentang beserta kulitnya yang memiliki kandungan nutrisi lebih banyak. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dikukus, panggang, ataupun dihaluskan. Cukup mencuci kentang agar tak ada lagi pasir yang menempel sebelum diolah dan jangan membuang kulitnya. 

5. Daging

Kurangnya asupan vitamin B12 pada kaum lansia sangat beresiko memicu anemia dan keluhan lainnya seperti rasa kebas serta terbakar pada kaki dan lelah tanpa ada penyebab pasti. Karena itulah agar terhindar dari gangguan kondisi seperti ini, akan lebih baik untuk memenuhi asupan nutrisi B12 dengan mengkonsumsi daging, hati sapi, telur dan susu yang kaya akan nutrisi tersebut. 

6. Buah Apel

Sama halnya seperti kentang, apel juga mengandung nutrisi yang cukup tinggi di bagian kulitnya. Sehingga saat akan mengkonsumsi buah apel akan lebih baik untuk tidak membuang kulitnya dan langsung dinikmati saat kondisinya masih segar. Jadi jika anda mengkonsumsi apel dengan membuang kulitnya, sama halnya dengan membuang nutrisi penting di dalamnya. Sangat direkomendasikan untuk lansia mengkonsumsi apel karena mampu memenuhi nutrisi dan vitamin harian setiap harinya. Ada beberapa jenis apel yang bisa anda konsumsi, untuk melihatnya anda bisa cek di website Bibit Buahku ini. Apel dalam negeri jelas lebih bagus dibanding import.

7. Bayam

Manfaat bayam bagi kesehatan rasanya sudah menjadi rahasia umum, mengingat ada banyak kandungan nutrisi seperti vitamin A, B kompleks, C, E, K  yang bantu jaga kesehatan dan menghindari berbagai penyakit yang dapat menyerang. Bayam juga mengandung mineral utama yang tinggi seperti zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, sodium, dan potassium. Bahkan bukan hanya lansia, anak-anak pun juga sangat dianjurkan mengkonsumsi bayam sehari harinya. 

Kondisi tubuh saat menginjak usia lansia tentunya berbeda  saat masih berada di usia produktif. Karena itulah penting untuk memenuhi nutrisi lebih baik lagi setiap harinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi. Anda bisa memasukkan bahan-bahan makanan diatas dalam menu sehari hari untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. 

Sumber:

https://www.merdeka.com/sehat/10-makanan-yang-harus-dikonsumsi-di-usia-50-tahun.html

10 Makanan untuk Lansia yang Paling Sehat dan Bergizi

Bibit Alpukat Aligator – Ukuran Buah Jumbo dan Lonjong Serta Berdaging Lembut

https://parenting.orami.co.id/magazine/5-makanan-yang-baik-untuk-kesehatan-lansia/

https://www.sehatq.com/artikel/6-rekomendasi-makanan-sehat-untuk-lansia

https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/13-makanan-ini-cocok-dikonsumsi-lansia-bantu-penuhi-gizi-1907244.html