Apa Itu HRIS Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Banyak perusahaan yang menggunakan sistem HRIS untuk mempercepat proses pengelolaan data dan informasi sumber daya manusianya. Walaupun memuat sejumlah kelebihan, HRIS sendiri ternyata juga memiliki kekurangan.

Apa itu HRIS?

HRIS adalah sebuah aplikasi yang memiliki tujuan untuk mengurangi beban pekerjaan dari HRD. Dengan begitu HRD tidak perlu lagi sampai kerepotan untuk mengelola manajemen sumber daya manusia. Mengapa? Karena hal tersebut sudah bisa diatasi oleh aplikasi HRIS yang bisa dikelola dengan sangat baik serta pengoprasiannya yang mudah. Tapi bukan berarti ini adalah aplikasi untuk HRD yang cukup sempurna, karena masih saja terdapat kelebihan dan kekurangannya, mari kita simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Kelebihan penggunaan HRIS

Mengenai apa itu aplikasi HRIS beserta kelebihan dan kekurangannya memang selalu ada dan tidak dapat dipisahkan. Walaupun begitu, baik kelebihan maupun kekurangan masih bisa diatasi oleh masing-masing perusahaan. Berikut ini ada kelebihan dari penggunaan HRIS.

Data informasi dapat disimpan dengan teratur

Kelebihan penggunaan HRIS yakni dapat menyimpan data dan informasi masing-masing karyawan dan juga telah dikelompokkan pada bagian tertentu secara otomatis. Sehingga proses pengelolaan administrasi, penggajian karyawan, penagihan pajak, dan lain-lain bisa terdeteksi secara otomatis oleh sistem.

BACA JUGA  Apa Itu Drone, Kegunaan dan Jenisnya

Tugas tim personalia lebih terfokuskan

Tanpa adanya HRIS, mungkin tim personalia akan lebih kerepotan untuk mengurusi proses pengelolaan SDM dan juga administrasi. Walaupun sebenarnya bagian administrasi pada sub bagian kerja lainnya. Tetapi ketika HRIS sudah diterapkan pada perusahaan, kegiatan pengelolaan bisa lebih teratur dan terorganisir.

kekurangan dan kelebihan hris

Kekurangan penggunaan HRIS

Setelah adanya kelebihan yang dapat menarik minat perusahaan untuk menggunakan HRIS, ada pula kekurangan dari penggunaannya. Berikut beberapa kekurangan HRIS bagi perusahaan.

Adanya modal untuk menggunakan sistem HRIS

Penerapan software HRIS ternyata membutuhkan modal yang tidak sedikit. Hal tersebut ditawarkan oleh penyedia layanan software HRIS yang mana agar perusahaan bisa menikmati fitur lengkap maka perlu biaya untuk pengembangan aplikasinya.

Selain modal awal, perusahaan juga perlu membayar biaya bulanan sebagai biaya pengelolaan. Walaupun biaya perbulan tidak sebesar biaya awal penggunaan HRIS pertama kali.

Selalu bergantung pada listrik

Dikarenakan sistem HRIS ini menggunakan media elektronik yang berupa software aplikasi desktop, maka sebagian besar kinerja HRIS bergantung pada daya listrik. Sehingga jika terjadi sesuatu pada listrik, maka produktivitas harus terhenti dan hanya akan bisa berjalan kembali ketika listrik hidup. Solusi untuk berjaga-jaga ketika listrik padam yakni perusahaan perlu menyediakan genset sebagai sumber pengganti daya listrik.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik

 

Penutupan

Demikian pembahasan mengenai apa itu HRIS beserta kelebihan dan kekurangannya. Penggunaan HRIS bagi perusahaan memang memiliki manfaat tersendiri untuk meningkatkan produktivitas kerja perusahaan. Namun dibalik itu, ada kekurangan yang selalu mengiringinya. Sehingga perusahaan mau tidak mau memutar otak untuk mengatasinya.