Apa itu Akuntansi Manejemen dan Perbedaannya dengan Akuntansi Keuangan

Mungkin pernah muncul di benak kita pertanyaan tentang, apa saja sih pekerjaan yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan? Manajemen perusahaan biasanya bekerja untuk menyusun rencana bisnis perusahaan, mengevaluasi kinerja bisnis perusahaan dan lain sebagainya. Untuk mengatur itu semua, manajemen membutuhkan data dari akuntansi manajemen. Jadi singkatnya, akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang memberikan dan menyajikan informasi tentang keuangan perusahaan untuk pihak manajemen.

Mari kita simak tentang apa itu akuntansi manajemen dan fungsi akuntansi manajemen bagi bisnis dan perusahaan.

 

Pengertian Akuntansi Manajemen

pengertian akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen adalah kegiatan pencatatan, analisis dan pelaporan informasi tentang keuangan bisnis perusahaan yang dapat membantu pembuatan keputusan bagi para manajemen perusahaan, misalnya menyusun kegiatan bisnis dalam jangka waktu beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan.

Menurut Mulyadi, akuntansi manajemen merupakan informasi keuangan yang dihasilkan untuk pihak internal perusahaan. Jadi akuntansi manajemen akan dijadikan acuan dalam mendapat gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh.

 

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Nah disini kita akan bahas tentang apa saja perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan menurut akuntansilengkap. Kedua bidang akuntansi ini memiliki perbedaan yang mendasar yaitu pihak yang menggunakan informasinya. 

BACA JUGA  Peluang Bisnis Kuliner yang Wajib Kamu Coba

Pemakai Informasi

Jadi laporan akuntansi manajemen berperan dalam pengambilan keputusan bisnis oleh pihak manajemen perusahaan. Sedangkan laporan akuntansi keuangan bersifat lebih umum dan banyak digunakan oleh para pihak eksternal perusahaan atau untuk konsumsi publik.

Karena berbeda pihak pengguna informasinya jadi laporan informasi akuntansi yang ada di dalamnya juga ada beberapa perbedaan.

Standar Penyajian Laporan Akuntansi

Misalnya untuk akuntansi keuangan laporannya menyajikan informasi yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku. Laporan pada akuntansi keuangan sudah diatur sedemikian rupa berdasarkan PSAK atau Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, supaya para pemakai informasinya bisa mendapat gambaran yang jelas tentang kinerja keuangan perusahaan.

Sedangkan laporan yang ada dalam akuntansi manajemen lebih memberikan informasi yang terkait dengan masing-masing pos keuangan atau informasi pada divisi-divisi yang ada di perusahaan. Singkatnya laporan akuntansi manajemen bisa dibuat sesuai dengan kepentingan manajemen. 

Contohnya manajemen membutuhkan informasi seperti gaji karyawan, tunjangan karyawan, atau informasi tentang jumlah unit yang sudah diproduksi perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Jadi pada intinya, perbedaan dari kedua bidang akuntansi ini terletak pada proses penyajian dan pihak-pihak yang menggunakan informasi nya. Proses penyajian akuntansi manajemen tidak diatur oleh standar atau hukum tertentu sedangkan akuntansi keuangan diatur dengan prinsip akuntansi dan standar keuangan tertentu.