7+ Budidaya Kepiting Bakau Hingga Pasar Internasional

Budidaya kepiting bakau masih terbilang menjanjikan, karena keuntungan besar pada pasar lokal atau internasional. Kepiting yang populer karena dagingnya yang tebal dan gurih tersebut cocok untuk anda yang ingin melakukan bisnis budidaya dengan nilai ekonomis tinggi. Berikut adalah cara ternak kepiting bakau yang benar versi Suksespedia.

7+ Budidaya Kepiting Bakau Hingga Pasar Internasional

1. Syarat Budidaya

Agar hasil panen melimpah, maka anda harus memperhatikan faktor pendukung budidaya, yaitu:

  • Kualitas air tambak harus bersih
  • Beri pakan bernutrisi dan cukup
  • Sumber daya harus sangat baik
  • Lingkungan aman dari predator

2. Lokasi Budidaya

Tambak adalah lokasi tepat untuk budidaya kepiting ini, karena dekat pantai atau sumber air. Buat kolam tambak, sedalam 0,8-1,0 meter. Perhatikan salinitas kolam mulai 15-30 ppt, tekstur tanah lembut, ada kandungan tanah liat, berpasir, dan suhu air harus ideal.

3. Beri Pagar Pare

Kepiting bakau dapat memanjat kolam, sehingga anda harus melengkapi kolam tambak dengan pagar pare kuat dan kokoh hingga ketinggian 60 cm dan lebar 4 meter.

4. Pemilihan Benih

Benih untuk budidaya kepiting bakau harus berkualitas supaya menghasilkan anakan bagus dan hasil panen melimpah. Bibit berkualitas adalah sehat, warna terang, tidak cacat, tubuh lengkap, dan kepiting lincah, terutama untuk indukan betina.

5. Kolam Pembibitan

Wadah pembenihan harus bersih, cuci dahulu dan biarkan kering sampai tiga hari. Lengkapi pasir sampai tinggi mencapai 15 cm dari dasar bak untuk menciptakan habitat yang mirip habitat asli.

7+ Budidaya Kepiting Bakau Hingga Pasar Internasional

6. Tips Kematangan Gonad

Dalam budidaya kepiting bakau anda dapat mempercepat kematangan gonad dengan cara potong satu tangkai bagian bola mata. Lakukan penyebaran kepadatan untuk induk, yaitu 1 ekor jantan dan 2 betina, tebar bibit dan beri pakan dua kali, hanya pagi serta sore. Idealnya, dosis pakan 15% dari berat badan tiap harinya, 5% pakan dari berat badan sebelum pemijahan.

Saat pemijahan, tambahkan pasir dan pipa PVC diameter 20 cm dan panjang 30 cm untuk tempat pemijahan.

7. Penetasan dan Perawatan Anak Kepiting Bakau

Seluruh telur melekat pada sekitar katup kepiting betina, sehingga anda harus menyortirnya. Pindahkan ke tempat khusus dengan volume 300-liter air per kepiting.

Dibutuhkan waktu 7-14 hari untuk penetasan telur kepiting bakau, suhu 26,5-31 derajat celcius. Pindahkan anakan kepiting pada bak beton khusus penetasan, diameter 4 meter dan ketinggian air 1 meter. Idealnya, 50 anakan per liter air.

8. Panen Budidaya Kepiting Bakau

Tidak ada patokan waktu panen kepiting bakau. Semua tergantung permintaan pasar yang ingin anda penuhi. Ikat capit dan masukkan kepiting dalam keranjang.