7 Bahaya Septic Tank Dalam Rumah, Hati-Hati!

Mungkin masih banyak yang bingung, apakah boleh membuat septic tank dalam rumah? Karena memang kerap dijumpai dan tidak jarang ada saja hal-hal yang mengganggu kenyamanan maupun kesehatan. Jika dilihat pun tentunya tidak estetik. Namun bukan hanya itu. Sebab septic tank yang ada di dalam rumah akan menimbulkan beberapa bahaya.

 

1. Menimbulkan Bau

Akibat pertama ini yang paling wajar terjadi. Septic tank yang ada di luar saja masih sering mengeluarkan bau ketika ventilasinya tidak bekerja secara maksimal. Lalu bagaimana jika ada di dalam rumah? Tentunya hal ini tidak menyenangkan dan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika ada tamu yang berkunjung.

Bau yang menguar tersebut pasti disertai dengan virus penyakit. Jika orang sehat yang menghirupnya, mungkin saja untuk terkena beberapa penyakit. Dan apabila orang yang sudah sakit mencium bau dari septic tank itu, proses penyembuhannya dapat terhambat. Jadi, pastikan untuk tidak meletakkan septic tank di dalam rumah atau pada teras depan.

septic tank

2. Mencemari Air

Jarak ideal septic tank dari rumah atau bangunan itu minimal 1,5 meter. Sedangkan jaraknya dari sumur resapan paling tidak yaitu 10 meter. Jika membuatnya di dalam rumah, bukan hanya mengganggu kenyamanan. Tapi juga bisa dipastikan akan mencemari air dan lingkungan. Padahal air memiliki peran yang sangat penting untuk segala keperluan.

BACA JUGA  7 Merek Wajan Teflon Terbaik Tahun Ini

3. Mengakibatkan Keretakan Lantai

Pernah ada suatu kasus sebuah mobil yang terparkir di garasi terperosok ke dalam karena di bawahnya merupakan bangunan septic tank. Hal ini mungkin saja terjadi karena konstruksi tersebut sebelumnya tidak dipersiapkan untuk menahan beban. Jika membuatnya di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan masalah ini juga timbul dan mengakibatkan keretakan lantai.

4. Mudah Meledak

Apakah mungkin septic tank dalam rumah bisa menimbulkan ledakan? Jika ada yang belum mengetahuinya, sebaiknya untuk lebih berhati-hati. Karena hal ini pun sering terjadi di beberapa negara. Penyebab utamanya yaitu adanya gas metana yang terdapat di dalam septik tank. Gas ini bukan hanya beracun, tapi juga mudah sekali meledak.

5. Iritasi Mata

Septik tank yang dibangun di dalam rumah akan menimbulkan bahaya lebih besar jika sudah menyerang sistem kesehatan. Seperti adanya Hidrogen sulfida yang terkenal beracun. Apabila menghirupnya dalam jumlah yang kecil saja, bisa mengakibatkan iritasi pada mata. Lalu bagaimana jika dalam konsentrasi yang tinggi? Tentu lebih fatal dan cepat terjadi akibatnya.

6. Komplikasi Pernapasan

Dalam septik tank terdapat gas yang memiliki bau khusus seperti telur busuk dan tidak berwarna. Seseorang yang menghirup gas tersebut dalam intensitas ringan bisa terserang sesak napas dan batuk yang terjadi terus menerus. Dan lebih bahaya lagi jika terlalu lama menghirupnya. Karena dapat terkena penumpukan cairan dalam paru-paru (edema paru-paru).

BACA JUGA  5 Rekomendasi Lampu Led Rumah yang Tahan Lama!

7. Kekurangan Oksigen

Bahaya terakhir inilah yang paling fatal jika membuat septik tank di dalam rumah. Karena dalam konsentrasi yang tinggi, gas metana akan menurunkan persentase oksigen di udara. Akibat selanjutnya yaitu terserang hipoksia. Bahaya lain jika menghirup gas tersebut adalah terkena gangguan bernama asfiksia, pneumonia, kehilangan kesadaran. Bahkan sampai mengakibatkan kematian.

 

Itulah uraian tentang bahaya membuat septic tank dalam rumah. Jika sudah mengetahui hal-hal itu, pastikan untuk merancang konstruksi yang tepat dan memperhatikan aturan saat pemasangannya. Bukan hanya dari segi jarak, pemilihan jenis septic tank juga harus diperhatikan. Paling tepat jika menggunakan septic tank biotech. Untuk mendapatkan penjelasannya segera kunjungi https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/