6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan yang tepat sering kali jadi kegalauan yang dialami oleh anak SMA di akhir masa sekolah mereka. Kegalauan ini bisa terjadi karena banyaknya jurusan kuliah yang ditawarkan dan ketakutan salah memilih sehingga berakhir menjalani perkuliahan setengah-setengah. Jika kamu saat ini sedang dalam masa galau karena memilih jurusan, di bawah ini akan ada 6 tips memilih jurusan kuliah supaya kamu tidak sampai salah pilih jurusan. Yuk simak selengkapnya.

Melihat Potensi Diri

Saat akan memilih jurusan kuliah, hal pertama yang harus kamu tanyakan ke dirimu sendiri adalah potensi apa sih yang sebenarnya kamu punya. Pertanyaan ini mungkin akan jadi pertanyaan yang susah buat dijawab kalau kamu tidak mengenal dirimu sendiri. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk mulai mengenali potensi apa yang sebenarnya kamu miliki. Saat kamu sudah tahu akan potensi yang kamu punya, nantinya kamu pun akan mudah untuk memilih jurusan apa yang cocok dan sesuai untukmu.

Bukan Hanya Berpatokan dengan Pelajaran yang disukai

Nah, sering kali dalam memilih jurusan, para siswa SMA hanya berpatokan dengan satu pelajaran saja yang disukai atau diminati. Misalnya, kamu suka dengan pelajaran bahasa Inggris dan pandai dalam pelajaran tersebut, lalu kamu hanya berfokus pada jurusan bahasa Inggris saja. Padahal, masih banyak jurusan-jurusan lain yang sebenarnya juga membutuhkan kecakapan dalam berbahasa Inggris.

BACA JUGA  Ide Kreatif Lomba 17 Agustus di Lingkungan Sekolah

Sehingga, kamu pun perlu untuk mencari lebih dalam kira-kira apa saja jurusan yang berhubungan dengan pelajaran yang kamu sukai. Kemudian, saat kamu sudah menemukannya, cobalah untuk mencari tahu satu persatu dari jurusan tersebut. Dengan begitu, kamu akan punya lebih terbuka pada opsi lain yang sebenarnya masih sesuai dengan minat kamu.

Pilih Jurusan yang Membuatmu Selalu Ingin Tahu

Pernah tidak kamu merasa ingin mencari tahu tentang suatu bidang ilmu atau jurusan tertentu secara mendalam? Nah, jika pernah dan rasa keingintahuanmu terus bertambah setiap waktunya, itu bisa jadi pertimbangan bagimu untuk memilih jurusan tersebut. Rasa ingin tahu yang mendalam terhadap suatu jurusan menandakan kalau kamu benar-benar ingin menekuni jurusan tersebut.

Ketahui Apa yang Kamu Pilih dan Konsekuensinya

Saat kamu sudah mempunyai beberapa pilihan jurusan, maka di sini kamu harus mencoba mencari tahu apa yang kamu pilih beserta dengan konsekuensinya. Misalnya, saat kamu memilih jurusan kedokteran, maka kamu akan menghadapi banyaknya tugas, ujian-ujian, dan juga praktek. Lalu, tanyakan lagi pada dirimu apakah kamu sudah siap dengan konsekuensi tersebut.

Memilih Jurusan Bukan Hanya Karena Prospek Finansial

Sebenarnya, boleh-boleh saja saat kamu memilih jurusan yang mempunyai prospek finansial yang bagus di masa depan. Akan tetapi, coba tanyakan lagi kepada dirimu sendiri apakah kamu mempunyai minat terhadap jurusan tersebut? Apakah kamu juga menguasai atau setidaknya memahami dasar tentang jurusan tersebut?

BACA JUGA  Sakitnya Hati Seorang yang Tidak Mendapatkan Ilmu

Dalam hal ini, kamu harus memilih jurusan yang bukan hanya menguntungkan di masa depan saja. Ini dikarenakan pada zaman sekarang peluang bisa saja terbuka lebar pada jurusan apapun. Bisa jadi jurusan yang pada saat ini terlihat punya prospek yang bagus, justru di masa mendatang malah tidak seberapa. Oleh karenanya, cobalah memilih jurusan yang benar-benar kamu minati dan bukan hanya sekadar pada prospek finansial saja.

Jangan Ikut-Ikutan Pilihan Orang Lain

Tips yang terakhir dalam memilih jurusan kuliah, janganlah coba-coba untuk ikut-ikutan dengan pilihan orang lain, apalagi jika kamu sendiri tidak tahu seluk beluk jurusan tersebut. Jangan hanya karena banyak temanmu yang memilih jurusan tersebut, lalu kamu juga ikut memilih jurusan itu. Setidaknya memilih jurusan harus sesuai dengan kemauan dan kemampuan dari diri kamu sendiri.  

Nah, itulah rangkaian tips yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih jurusan. Meskipun penuh dengan kegalauan saat memilih jurusan, pastikan untuk memikirkannya secara matang dan jangan terlalu terburu-buru ya supaya kamu tidak salah pilih nantinya. Kamu bisa membaca gambaran dari berbagai jurusan di tambahpinter, semoga artikel ini dapat membantu!