6+ Produk Marketplace Terlaris Tahun 2020

Menjajaki era penuh teknologi seperti sekarang ini menyebabkan timbulnya alih posisi suatu usaha konvensional menjadi bisnis online. Marketplace ialah salah satu bentuk nyata dari perkembangan teknologi itu. Tak disangka, kehadirannya banyak disambut meriah oleh orang-orang. Wajar jika kemudian muncul banyak orang yang tertarik untuk menjalankan usaha lewat marketplace.

Bicara soal usaha dalam wadah marketplace, lagaknya ada beberapa produk andalan yang paling banyak dicari konsumen lewat platform jualan online ini. Apa saja ya?

Produk Marketplace Terlaris

Berikut ini merupakan beberapa produk marketplace terlaris dari Vaz Business yang bisa Anda jadikan sebagai referensi bila tertarik untuk menggeluti usaha toko online. Let’s get to the list!

1. Pakaian

Pakaian menjadi salah satu kebutuhan paling dasar dari setiap orang. Disamping itu, pakaian juga merupakan pendukung nomor 1 penampilan seseorang. Tidak mengherankan jika kemudian produk pakaian mendominasi daftar barang paling banyak dicari orang-orang dari toko online. Kabarnya, ada setidaknya 55% pelanggan online shop kerap belanja produk pakaian.

2. Kosmetik

Semakin hari, penjualan atas produk kecantikan lewat media online terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 saja, jumlah pendapatan atas penjualan produk kecantikan secara nasional mencapai US$ 6,9 miliar. Dari total nilai tersebut, ada setidaknya 10% diantaranya merupakan hasil dari penjualan online.

BACA JUGA  Review Kemewahan Makam Muslim Al Azhar Karawang

Adapun beberapa produk kosmetik yang banyak dicari pengunjung ialah skincare, lip matte, foundation, eyeshadow, bedak, dan blush on.

3. Tas

Wanita akan merasa tak cukup bila hanya memiliki 1 tas. Bisa dibilang, tas menjadi kebutuhan yang cukup krusial bagi wanita. Tak ayal jika kemudian produk tas jadi semakin populer di pasar online setiap tahunnya. Fakta ini dibuktikan dengan pencarian tas selempang di mesin pencari Google yang terus mengalami peningkatan setiap waktunya.

4. Gadget

Di Indonesia, kebutuhan akan perangkat telekomunikasi cukup tinggi. Apalagi dengan kondisi di tengah pandemi seperti sekarang ini, dimana setiap orang harus memiliki sekurang-kurangnya 1 gadget agar bisa melakukan pekerjaan dan belajar online di rumah.

Berdasarkan salah satu survei yang diadakan Kredivo, pembelian gadget secara online menduduki peringkat ke-2 setelah barang fashion.

5. Makanan

Bisnis makanan online pada dasarnya memang memiliki target pasar luas. Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa, perempuan ataupun laki-laki, semuanya bisa menjadi target pasar potensial untuk usaha kuliner.

Menurut data survei, sebanyak 58% masyarakat Indonesia lebih menyukai pembelian produk makanan secara online. Baik itu untuk frozen food lewat marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

Makanan ringan dari Instagram, atau bahkan makanan besar cepat saji melalui platform Gofood dan Gojek. Sederhana saja, pembelian makanan secara online sangatlah praktis dalam hal pembayaran dan urusan antri-mengantri.

BACA JUGA  Tips Sukses Menjadi Penjual Bunga

6. Sepatu

Sepatu menjadi item pelengkap fashion yang selalu dicari. Sekarang ini, ada banyak sekali jenis, model, merk, varian warna sepatu yang bertebaran di toko online. Sneaker berwarna putih menjadi salah satu sepatu model klasik yang sangat populer di tahun 2019.

Untuk beberapa waktu kedepan, tren sepatu yang diprediksikan akan naik daun ialah sneakers berwarna neon, retro sneakers, color blocks sneakers, platform sneakers, dan high-top sneakers.

7. Peralatan Olahraga

Ternyata, perangkat olahraga juga cukup laris di pasar online. Di tahun 2019, penjualan alat-alat olahraga meroket hingga mencapai nilai 4 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Beberapa perangkat olahraga yang paling banyak dicari pengguna marketplace adalah kacamata renang, jersey bola, dan sepatu lari.

Itulah beberapa produk andalan yang paling banyak dicari dari situs-situs marketplace di Indonesia. Bagaimana menurut Anda? Manakah dari seluruh daftar di atas yang paling banyak Anda beli?