5 Wisata Alam Terbaik di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Beribu-ribu pulau dan lautan yang sangat luas membentang menjadikan Indonesia sebagai surganya wisata di mata para wisatawan. Hingga Indonesia sering menjadi sorotan dunia.

Indonesia sangat dikenal dengan keindahan alamnya yang keren dan eksotis. Bukan hanya Jawa dan Bali saja yang menjadi wisata alam terbaiknya, namun salah satu negara yang memiliki wisata alam terbaik di dunia ini memiliki banyak sekali wisata alam yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Tidak heran lagi, jika Indonesia sering menjadi tujuan wisata alam terbaik dan tidak sedikit orang-orang dari lokal maupun mancanegara yang berulang kali datang. Jika kalian tertarik destinasi wisata alam yang terbaik sekaligus terkenal di Indonesia, simaklah beberapa rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Indonesia.

1. Danau Toba

Wisata alam terbaik di Indonesia yang pertama adalah Danau Toba. Sudah tidak asing lagi bagi rakyat Indonesia mengenai tempat wisata yang satu ini. Danau ini memiliki ukuran yang sangat luas sekitar lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter yang memiliki ukuran hampir sama seperti Singapura.

Danau Toba memiliki suasana yang sejuk dan asri yang terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl. Sangat cocok untuk kalian yang suka suasana santai sambil menikmati keindahan alam. Saat kalian sedang berkunjung ke pulau Samosir, sempatkanlah untuk mengunjungi danau ini dengan mengelilingi danau dengan jalan kaki maupun kendaraan.

BACA JUGA  5 Tempat Wisata di Jayapura Terpopuler dan Instagramable

2. Raja Ampat

Siapa sih yang tidak tahu dengan tempat yang satu ini? Meskipun mengeluarkan biaya yang cukup besar, namun saat berkunjung kesini kalian tidak akan kecewa menyaksikan keindahan alam yang luar biasa indahnya hingga memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung.

Raja Ampat sering kali menjadi sorotan bagi para wisatawan. Meskipun terletak di bagian timur Indonesia, namun fasilitas yang terdapat di kawasan wisata ini cukup lengkap. Raja Ampat sering disebut sebagai salah satu tempat menyelam dan snorkeling terbaik di dunia.

Berbagai macam spesies yang terdapat di Raja Ampat dan keanekaragaman kehidupan dunia bawah laut yang selalu menarik perhatian para penyelam. 

3. Bunaken

Bunaken merupakan taman laut pertama yang ada di Indonesia dengan luas 80.000 hektar dan berlokasi di Manado, Sulawesi Utara. Di daerah ini ada berbagai macam jenis spesies seperti 390 spesies terumbu karang serta berbagai jenis ikan dan binatang laut lainnya.

Bunaken dikenal dengan panorama dunia bawah laut yang sungguh mempesona, ditambah dengan pulau-pulau yang menawan. Adapun aktivitas favorit di Taman Laut Bunaken seperti diving dan snorkeling. Hingga sering disebut sebagai tempat wisata diving terbaik di dunia.

Ada juga tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan seperti Bunaken Timur Mandolin dan Puncak Barakuda. Menikmati suasana keindahan alam yang begitu mempesona hingga membuat kalian lupa semua beban masalah.

BACA JUGA  Panduan Sewa Mobil Kota Batu yang Aman Agar Tak kena Tipu

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur yang menjadi destinasi wisata alam terbaik di Indonesia. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata yang satu ini terdapat sekitar 2000 ekor komodo, salah satu hewan endemik yang terkenal di mata dunia.

Namun tidak hanya sebatas pada hewan reptil purba saja, tetapi keindahan alamnya yang indah dan memukau mata kalian. Selain menyaksikan keindahan alamnya, adapun aktivitas favorit seperti mendaki, bermain kano, snorkeling, dll.

5. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan. Dengan keindahan alam yang begitu mempesona membuat gunung ini tidak pernah sepi dikunjungi.

Adapun spot yang menjadi favorit para wisatawan seperti puncak menanjaknya yang kerap menjadi lokasi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Di puncak menanjaknya terdapat fasilitas yang cukup lengkap hingga mencukupi kebutuhan para wisatawan saat mendaki.

Pemandangan padang pasir, padang rumput, dan kawahnya yang eksotis menjadi daya tariknya gunung Bromo bagi para wisatawan.